Analisis pemasaran garam di Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep

Ahmad Ubai Dillah, Isdiana Suprapti

Abstract


Salah satu komoditas yang paling berpotensi di Desa Karanganyar Kecamatan Sumenep yaitu garam. Petani garam di desa tersebut berada pada posisi atau titik paling lemah dalam proses penetapan harga disetiap pedagang. Berdasarkan Standart Nasional Indonesia (SNI) petani garam tidak mengatahui perincian mengenai teknis hingga grade mutu garam secara pasti dan juga tidak mengetahui bagaimana cara menetapkan harga garam. Pada umumnya tengkulak yang menetapkan harga garam di tingkat petani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran garam yang paling efisien bagi para petani garam dan menganalisis margin pemasaran komoditas garam. Analisis margin pemasaran merupakan metode penelitian yang digunakan dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan dimana saluran pemasaran kedua merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dalam pemasaran garam dengan total keuntungan share harga sebesar 96,28%.

Keywords


Kata Kunci: Saluran pemasaran, Margin Pemasaran, Garam

Full Text:

PDF

References


Abubakar, I., Yantu, M. R., & Asih, D. N. (2013). Kinerja Kelembagaan Pemasaran Kakao Biji Tingkat Petani Perdesaan Sulawesi Tengah : Kasus Desa Ampibabo Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. E-J. Agrotekbis, 1(1), 74–80.

Agustian, A., & Setiajie, I. A. (2008). Analisis Perkembangan Harga dan Rantai Pemasaran Komoditas Cabai Merah di Propinsi Jawa Barat. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian. Bogor, 3(5), 1–13.

Alham, F. (2015). Perilaku Pasar Garam di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Kerakayatn, 5(1), 31–43.

Astutik, M. A., Nurmalina, R., & Burhanuddin, B. (2019). Analisis Status Keberlanjutan Pengusahaan Garam Di Tiga Wilayah Pulau Madura. Jurnal Agribisnis Indonesia, 7(1), 13–26. https://doi.org/10.29244/jai.2019.7.1.13-26

Badan Pusat Statistik. (2021). Impor Garam Menurut Negara Asal Utama. 19 Juli 2021, 1–3.

Daulay, A. N. (2019). Analisis Pasar Komoditi Garam Di Indonesia Aqwa Naser. Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7, 176–191.

Dinas Kelautan dan Perikanan. (2020). Laporan Petugas Enumerator DKP Sumenep.

Handayani, S. M., & Nurlaila, I. (2011). Analisis Pemasaran Susu Segar di Kabupaten Klaten. Sains Peternakan, 9(1), 41–52. https://doi.org/10.20961/sainspet.v9i1.4768

Haryono. (2014). Strategi Pemasaran Produk Garam Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Journal Management, 4(2), 59–65.

Ismail, H. (2015). Analisis pendapatan dan pemasaran usaha pembuatan garam di kelurahan talise kecamatan mantikulore kota palu. 3(4), 515–520.

Jamil, A. S., & Tinaprilla, N. (2013). Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pemekasan, Jawa Timur). Forum Agribisnis, 5(2), 121–138. https://doi.org/10.29244/fagb.5.2.121-138

Jamil, A. S., & Tinaprilla, N. (2017). Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur). Forum Agribisnis, 2(2), 120–138. https://doi.org/10.29244/fagb.5.2.121-138

Jumiati, E., Darwanto, D., Hartono, S., & Masyhuri. (2013). Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam di Daearh Perbatasan Kalimantan Timur. Agrifor, 12(1), 1–10.

Kasman, H. (2015). Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan Lafonte pada PT Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 196–226.

Kemenko Maritim dan Investasi. (2021). Upaya Tingkatkan Produksi Garam Nasional. 26 November 2021, 1–12.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2020). Peningkatan Daya Saing Garam Nasional dan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat. 26 November 2020, 1–9.

Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi. (2020). Pembangunan Lumbung Garam Nasional Berbasis Sentra Garam Rakyat. 4 Juli 2020, 1–12.

Kementrian Kelautan dan Perikanan. (2018). Satu Data Kelautan dan Perikanan 2018.

Lestari, R. A., & Damayanti. (2018). Preferensi Wisatawan Muslim Nusantara dalam Memilih Restoran di kelurahan Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 2(1), 1–25.

Mustofa, & Turjono, E. (2015). Analisis Optimalisasi Terhadap Aktivitas Petani Garam. WIGA, 5(1), 46–57.

Nikmaturomah, L., Setyowati, & Sundari, M. T. (2016). Analisis Pemasaran Garam di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Agrista, 4(4), 1–10.

Nugroho, P., Susandini, A., & Islam, D. (2020). Mengkaji Sistem Pemasaran Garam Di Madura. Media Trend, 15(1), 111–122. https://doi.org/10.21107/mediatrend.v15i1.6176

Nur, A. F. (2011). Analisis Potensi Ekonomi Sektoral Pada Empat Kabupaten Di Pulau Madura. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 21–41. https://doi.org/10.22219/jep.v9i1.3644

Prayitno, A. D., & Wibowo, P. A. (2018). Analisis Finansial Pertanian Garam dan Pengguna Geoisolator di Kecamatan Batangan dan Juwana. Economics Development Analysis Journal, 7(2), 137–144.

Putri, N. E., Harisudin, M., & Sundari, M. T. (2017). Analisis Pemasaran Garam Di Kabupaten Pamekasan. Agrista, 5(3), 222–231.

Riyanti, D. A. S. N., Satriawan, I. K., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Pemasaran Garam Kusamba Di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(2), 169–180. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i02.p01

Safril, Agussabti, & Arida, A. (2018). Analisis Pendapatan Petani dan Margin Pemasaran Garam di Desa Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(1), 192–203.

Salim, Z., & Munadi, E. (2016). Info Komoditi Garam. In Z. Salim & E. Munadi (Eds.), Al Mawardi Prima (Pertama, J). Badan Pengkajiandan Pengembangan Perdagangan.

Sari, M. P., Bambang, A. N., & Sardiyatmo. (2016). Aalisis Distribusi Pemasaran Rajungan (Portunus Pelagicus) di Desa Sukoharjo, Kabupaten Remang, Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5(1), 128–133.

Setiawan, F. (2019). Kesejahteraan Petani Garam di. Iqtishoduna, 8(2), 319–338.

Sinaga, O., Antara, M., & Dewi, R. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Garam Rakyat di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 96–110. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v4i1.6081

Sugiarto, Y., Utari, W., & Hartati, C. S. (2021). Analisis Inovasi Produk terhadap Harga Jual Garam pada PT Grasindo Anugrah Sejahtera Gresik. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 5(3), 148–160.

Suherman, T., Fauziyah, E., & Hasan, F. (2011). Analisis Pemasaran Garam Rakyat ( Studi Kasus Desa Kertasada , Kecamatan Kalianget , Kabupaten Sumenep). Embryo, 8(2), 73–81.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Widiyastutik, M. A., Hapsari, T. D., & Kuntadi, E. B. (2014). Pemasaran Garam Rakyat di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Agritrop Ilmu Pertanian, 2(3), 222–230.

Wirawan, J. (2017). Indonesia Negara Maritim yang Mengimpor Garam. 2 Agustus 2017, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i2.15731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License