Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Sirup Salak Produksi Kelompok Tani Ambudi Makmur Desa Kramat, Kabupaten Bangkalan

Annisa Nouril Fadilah, Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho

Abstract


Permasalahan yang dihadapi produsen sirup salak adalah penjualan sirup salak pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 555 botol dibandingkan tahun sebelumnya yang dapat mencapai 998 botol. Oleh karena itu sangat penting bagi produsen untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sirup salak. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui pengaruh karakteristik konsumen pada keputusan pembelian sirup salak, (2) mengetahui atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian sirup salak di Kabupaten Bangkalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sebanyak 25 orang. Tujuan dianalisis dengan menggunakan analisis konjoin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika kombinasi atribut yang paling menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam membeli sirup salak adalah rasa original, harga Rp. 16.000, volume330 ml, dan dengan cara pembelian secara offline/outlet. Untuk atribut yang paling dipertimbangkan adalah atribut rasa.

Keywords


Preferensi; Konsumen; Konjoin; Sirup; Salak

Full Text:

PDF

References


Angriva, S.,& Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu Pt Kembang Joyo. Agriscience, 1(1), 186–199. Https://Doi.Org/10.21107/Agriscience.V1i1.7850

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. Ed). Jakarta : Rineka Cipta.

Bafadal, Azhar, S. A. A. T. (2007). Persepsi Konsumen Terhadap Sirup Air Kelapa Consumer. 1(2004), 2234–2239.

Basri, A. (2019). “Kian Sedikit, Kebun Salak Terancam Punah.” Radar Madura.

Bps, K. P. R. I. (2016). Luas Panen, Produksi, Produktivitas Salak Menurut Kabupaten Bangkalan 2014-2017.

Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Yogurt Drink (Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat). Jurnal Aplikasi Manajemen.

Isfar, F., & Widowati. (2020). Analisis Konjoin Untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen Terhadap Busana Pesta Di Butik Fenny Chen. Fashion And Fashion Education Journal, 9(1), 116–122.

Kementrian Ketenagakerjaan. (2020). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Rencana Strategis Kementrian Ketenagakerjaan Tahun 2020-2024. Industry And Higher Education,3(1),1689–1699.

Laksito, D. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sirup Abc Di Jaten Karanganyar.

Manalu, R. (2019). Analisis Konjoin Full-Profile Dan Metode Kendall’s W Untuk Menganalisis Ketertarikan Mahasiswa Kedokteran Usu Memilih Produk Smartphone Skripsi. Medan.

Muzdalifah. (2012). Kajian Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal Di Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis, 2, 4.

Rahardjo, C. R. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemendan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43.

Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548–562.

Salehawati, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Makanan Dari Jamur Tiram Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Paradigma Agribisnis, 6(1), 9–13.

Saniyah. (2019). Data Luas Lahan, Jumlah Tanam, Dan Produksi Salak Di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan (Issue 1). Ambudi Makmur 2.

Saniyah. (2020). Data Penjualan Produk Olahan Salak. Ambudi Makmur 2.

Setyaningsih, F. D. (2009). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Salak (Salacca Edulis) Di Pasar Tradisional Kota Surakarta. 1–94.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta:Bandung

Sulistia. (2021). Preferensi Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Terhadap Mata Kuliah Peminatan Menggunakan Analisis Konjoin. 6.

Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Agribusiness Journal, 9(2), 177–214.

Suyanto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Caps.

Theodory, M, Honi, And P. T. S. (2014). Consumer Preference For Cassava Products Versus Different Processing Technologies. International Journal Of Innovation And Scientific Research, 2(1), 143–151.

Tomlins, K., Sanni, Oyewole, Dipeolu, Ayinde, Adebayo, & W. (2007). Consumer Acceptability And Sensory Evaluation Of A Fermented Cassava Product (Nigerian Fufu). Journal Of The Science Of Food And Agriculture, 87(10), 1949–1956.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45.

Wulandari, S., Sari, F. M., & Padang, U. N. (2019). Penerapan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Ojek Online Tahun 2019. Statistika, 7(2), 124–132.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.15725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License