Preferensi Konsumen terhadap Sayuran Hidroponik di Kabupaten Sumenep
Abstract
Perkembangan sayuran hidroponik di kabupaten Sumenep mulai terlihat pada tahun 2019. Perkembangan ini diikuti dengan jumlah permintaan yang semakin meningkat yang menimbulkan tingkah perilaku mengenai selera konsumen dalam mengonsumsi sayuran hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sayuran hidroponik yang ada di kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis konjoin. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan, konsumen lebih menyukai sayuran hidroponik yang memiliki tingkat kesegaran layu setelah 3 hari, rasa yang berbeda dengan sayuran konvensional, bentuk fisik yang tidak berlubang, harga di bawah Rp 5.000, serta sayuran yang mempunyai kemasan. Kemudian atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian sayuran hidroponik secara berturut-turut yaitu kesegaran, rasa, harga, bentuk fisik, dan kemasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrani, S. U. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Sawi Pakcoy Hidroponik. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 1–73.
Alkassim, R. S., & Tran, X. (2016). Comparison Of Convenience Sampling And Purposive Sampling. American Journal Of Theoretical And Applied Statistics, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.11648/J.Ajtas.20160501.11
Angriva, S., & Andrie, K. S. (2020). Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu Pt Kembang Joyo. Agriscience, 1, 186–199. Https://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Agriscience/Article/View/7850/4846
Anwar, A. (2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. In Iait Press (Vol. 53, Issue 9).
Armiriawan, F. N., Kusnandar, & & Setyowati. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Surakarta Fahrizal. Jurnal Agrista, 9(July), 1–23.
Badan Pusat Statistik. (2020). Kabupaten Sumenep Dalam Angka 2020. In Bps Kabupaten Sumenep.
Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(April), 1–10. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Vcsg3
Dewi, R. C., & Hayati, M. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Beras Merah Organik. Jurnal Agriscience, 2(2), 295–313. Https://Doi.Org/10.21107/Agriscience.V2i2.11412
Dewi, S. R., Isdiantoni, & Kurniawan, D. T. (2019). Analisis Peramalan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Rumah Tangga ( Studi Kasus Di Perumahan Btn Kolor, Bumi Sumekar Asri Dan Satelit Permai Kabupaten Sumenep). 524–532.
Diacon, P.-E., & Maha, L.-G. (2015). The Relationship Between Income, Consumption And Gdp: A Time Series, Cross-Country Analysis. Procedia Economics And Finance, 23(October 2014), 1535–1543. Https://Doi.Org/10.1016/S2212-5671(15)00374-3
Ekawati, I., Wati, H. D., Pertanian, F., Agribisnis, P., Wiraraja, U., Pertanian, F., Agribisnis, P., Wiraraja, U., Pertanian, F., Agribisnis, P., & Wiraraja, U. (2022). Pkm Penyuluhan Usaha Sayuran Hidroponik Desa Karang Anyar. Jurnal Abdiraja, 5.
Fatimah, A. T., Effendi, A., & Amam, A. (2018). Koneksi Matematis Pada Konsep Ekonomi (Permintaan Dan Penawaran). Teorema, 2(2), 107. Https://Doi.Org/10.25157/.V2i2.1074
Fauzan, M. D., Suhendra, A. A., & & Rio Aurachman. (2018). Designing The Attribute Of Yellow Truck Cafe Based On Consumer Preferences Of Cafe In Bandung Using Conjoint Method. Perhotelan, 5(1), 1214–1220. Https://Bit.Ly/3s2nq8w
Febrianti, T., Tsani, A., & & Milla, A. N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Di Kota Sukabumi. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 7(1), 1. Https://Doi.Org/10.35138/Paspalum.V7i1.85
Green, P. E., Krieger, A. M., & Wind, Y. (2001). Thirty Years Of Conjoint Analysis: Reflections And Prospects. Interfaces, 31(3-Supplement), 56–73. Https://Doi.Org/10.1287/Inte.31.4.56.9676
Hadianti, I., Noor, T. I., & Yusuf, M. N. (2019). Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Sayuran Hidroponik (Suatu Kasus Pada Konsumen Sayuran Hidroponik Saat Car Free Day (Cfd) Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 6(3), 470. Https://Doi.Org/10.25157/Jimag.V6i3.2463
Hariyani, A. L. (2005). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Bebas Residu Pestisida (Studi Kasus Di Pt. Hero Supermarket, Surakarta). Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta 2005, 1–50.
Hasibuan, A. V. P. (2019). Kajian Preferensi Konsumen Dalam Membeli Sayuran Di Kecamatan Ciputat Timur. Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2019 M/1440 H, 1–9.
Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162. Http://Journal.Trunojoyo.Ac.Id/Agriekonomika/Article/View/434
Maswadi. (2012). Kajian Faktor Kepribadian Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Sayur Organik Di Supermarket Kota Pontianak. Jurnal Eksos, 8, 1–8.
Munandar, J. M., Udin, F., & & Meivita Amelia Departemen. (2004). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Di Bogor. Journal Of Agroindustrial Technology, 13(3).
Nicholson, W. (1995). Microeconomic Theory Basic Principles And Extensions Tenth Edition.
Palan, K. M. (1994). Family Decision Making: A Study Of Parent-Adolescent Interactions In The Purchase Decision Making Process. University Microfilms International, A Bell And Howell Company, 1990, 38–59.
Poniman, A. S., & & Tan Alexander Cahyadi Sentoso. (2015). Analisa Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Memilih. Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia Abstrak:, 3(1), 1–11. Https://Bit.Ly/2pkafy1
Putra, G. A. P. H., Putri, A. A., Akbarita, R., Nadhlatul, U., Blitar, U., & Timur, J. (2021). M Anajemen P Emasaran S Ayuran H Idroponik Di D Esa S Idodadi Damayanti , 4 Wamustajabu Lukmanul Hakim , 5 Wiratna Nila Salsabila Pendahuluan Desa Sidodadi , Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Merupakan Daerah Subur Yang Berada Di Kaki Gunung Kelud . Tercat. 9(2), 216–227.
Rahmawati, D., Prsetyo, E., & Setiadi, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jeruk Pamelo (Citrus Grandis) Di Kabupaten Pati. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 10–27.
Razak, M. (2016). Perilaku Konsumen.
Saputra, P. A. D., & Dewi, Y. K. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Cemilan Sehat Di Bali. … : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4. Https://Journal.Uc.Ac.Id/Index.Php/Performa/Article/View/1664%0ahttps://Journal.Uc.Ac.Id/Index.Php/Performa/Article/Download/1664/1330
Savira, R. D., & Prihtanti, &Tinjung M. (2019). Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik Di Pt. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(2), 164. Https://Doi.Org/10.30598/Agrilan.V7i2.906
Setiawan, R. N., Tricahyono Nh, & Siti Dahlia. (2020). Prediksi Kebutuhan Air Bersih Desa Pinggirpapas Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Madura Provinsi Jawa Timur Pada Tahun 2029. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (Jgel), 4(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.29405/Jgel.V4i1.4261
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran (Vol. 9, Issue 2).
Widya, P. R., & Kristianto, A. H. (2021). Analisis Nilai Pelanggan Produk Sayur Hidroponik Dan Organik Dengan Pendekatan Conjoint Analysis. Jurnal Bisnis Darmajaya, 07(02), 89–102. Https://Jurnal.Darmajaya.Ac.Id/Index.Php/Jurnalbisnis/Article/View/3087%0ahttps://Jurnal.Darmajaya.Ac.Id/Index.Php/Jurnalbisnis/Article/Download/3087/1371
Xaba, B. G. (2016). Factors Affecting The Productivity And Profitability Of Vegetables Production In Swaziland. Journal Of Agricultural Studies, 1(2).
Yasmin, T. R. (2017). Preferensi Konsumen Sayuran Hidroponik Agrofarm Bandungan Kabupaten Semarang. Program Studi S-1 Agribisnis Fakultas Peternakan Dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang, 7(1), 104–126.
Yasmin, T. R., Prastiwi, W. D., & & Handayani, M. (2017). Analisis Konjoin Preferensi Konsumen Sayuran Hidroponik Agrofarm Bandungan Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 85. Https://Doi.Org/10.14710/Agrisocionomics.V1i1.1643
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.15633
Refbacks
- There are currently no refbacks.