Strategi pengembangan usaha ternak Sapi Madura berdasarkan business model canvas

M Fahmi Eko Saputro, Novi Diana Badrut Tamami

Abstract


Desa Waru Barat adalah salah satu tempat sentra sapi Madura. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik peternak serta mengidentifikasi model bisnis yang sedang dijalankan, mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha ternak sapi Madura, memberikan alternatif strategi menggunakan analisis SWOT, serta memberikan usulan model bisnis yang baru untuk pengembangan usaha ternak sapi Madura. Metode analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini yaitu peternak di Desa Waru Barat tergolong usia produktif, pendidikan yang rendah, dan pengalaman beternak yang cukup lama. Dari hasil identifikasi faktor internal eksternal usaha ternak sapi Madura, diketahui beberapa alternatif strategi dari Strategi SO (Strenght-Opportunity), Strategi WO (Weakness-Opportunity), Strategi ST (Strenght-Threat), dan Strategi WT (Weakness-Threat). Pengembangan model bisnis pada Customer segments melalui jaringan pasar yang menjangkau lebih luas seperti masyarakat umum, memanfaatkan kotoran hewan dijadikan kompos pada Value proposition, pada Channels melakukan penjualan khusus hari raya idul adha, pada Customer relationship memberikan potongan harga, pada Revenue Stream penjualan kompos, teknologi berupa mesin pencacah pakan pada Key resources, pada Key activities pengecekan kesehatan hewan ternak secara berkala, pada Key Partnership kerjasama dengan pihak Pemerintah dan tergabung kelompok ternak, sedangkan pada Cost Structure pembelian konsentrat.

Keywords


Kata kunci : Sapi Madura, Strategi Pengembangan, SWOT, BMC

Full Text:

PDF

References


Abdel-Basset, M., Mohamed, M., & Smarandache, F. (2018). An extension of neutrosophic AHP-SWOT analysis for strategic planning and decision-making. Symmetry, 10(4). https://doi.org/10.3390/sym10040116

Anari, O. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Ariningsih, E. (2014). Kinerja Kebijakan Swasembada Daging Sapi Nasional. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 32(2), 137. https://doi.org/10.21082/fae.v32n2.2014.137-156

Badan Pusat Statistika. (2020). Populasi Ternak Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Ternak di Provinsi Jawa Timur (ekor), 2019 dan 2020.

Badan Pusat Statistika. (2021). Populasi sapi potong menurut provinsi (Ekor), 2019-2021.

David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Far-far, R. A. (2011). Hubungan komunikasi interpersonal dengan perilaku petani dalam Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Budidaya Pertanian, 7(2), 100–106.

Fitriadi, B., Soekarto, & Sunarti. (2013). Strategi Bersaing: Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 1–11.

Gurel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis : A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51).

Halim, S. (2017). Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Motivasi Beternak Sapi Potong Di Kelurahan Bangkala Kecamatan Maiwa (Vol. 549).

Hasan, F. (2020). Metode Riset Bisnis. Bangkalan: UTM PRESS.

Hidayah, N., Arditha, C. A., & Lestari, F. B. (2019). Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Adopsi Teknologi Pemeliharaan Pada Peternak Kambing Peranakan Ettawa Di Desa Hargotirto Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Bisnis & Manajemen, 19.

Iman, T., Hadiwijaya, P. R., Achmad, F., & Linda, H. (2021). Strategi Pengembangan Business Model Canvas Pada Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri ( SIKOMANDAN). 7(2), 1488–1501.

Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19–37.

Kementerian Ketenagakerjaan. (2021). Peraturan Menteri Ketenagakerjan Republik Indonesia.

Kisroh Sunyigono, A., Suprapti, I., & Arifiyanti, N. (2020). Economic Performance of Madura Beef Cattle Industry in Sapudi Islan. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 518(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/518/1/012064

Maharani, D. P. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). (2), 412–421.

Musdar, M. A. (2017). Strategi Pengembangan Sapi Potong di Desa Pangalloang kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nurgiartiningsih, V. M. A. (2011). Peta Potensi Genetik Sapi Madura Murni di Empat Kabupaten di Madura. Journal of Tropical Animal Production, 12(2), 25–34.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2012). Business Model Generation.

Putra, P. P. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Sukoharjo. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/19655/Strategi-Pengembangan-Usaha-Ternak-Sapi-Potong-Di-Kabupaten-Sukoharjo

Rahmawati, S. A., Harijani, N., & Lamid, M. (2015). Analisis Pendapatan Peternak Sapi Madura Dan Sapi Madrasin Di Desa Taman Sareh Kecamatan Sampang. AGROVETEINER, 3(2).

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 2–6. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25277

Rusnan, H.-, Kaunang, C. L., & Tulung, Y. L. R. (2015). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Sapi Potong Dengan Pola Integrasi Kelapa–Sapi Di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Zootec, 35(2), 187. https://doi.org/10.35792/zot.35.2.2015.7433

Santika, V. A., Rahayu, W., & Isti Khomah. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Kelompok Tani Ternak Andini Lestari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. AGRISTA, 9(1), 136–144.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wrigley, C., Bucolo, S., & Straker, K. (2016). Designing new business models: blue sky thinking and testing. Journal of Business Strategy, 37(5), 22–31. https://doi.org/10.1108/JBS-04-2015-0041

Zali, M., Fanani, Z., Ihsan, M. N., & Nugroho, B. A. (2019). Strategy Sonok Culture in Efforts to Purify Madura Cattle (case study in Waru Barat village , Pamekasan district). Jurnal Sains Peternakan, 7(2), 102–121.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License