Posisi strategis Ukm Keripik Cinta di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

Meylan Karina Silalahi, Ihsannudin Ihsannudin

Abstract


UKM Keripik Cinta adalah sektor usaha yang bergerak dalam industri pengolahan singkong di Kabupaten Langkat. Kelemahan yang terjadi pada UKM dalam mengembangkan kemampuan usahanya meliputi: kurangnya permodalan, tidak adanya kemampuan administratif dan kemampuan kerja serta kegiatan promosi yang belum efektif.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal pada Industri Keripik Cinta di Tanjung Pura dan  mengetahui posisi strategis Industri Keripik Cinta di Tanjung Pura. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan alat analisis berupa matriks IFE&EFE serta matriks IE. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling.  Key informan dalam penelitian ini adalah pemilik usaha, pakar produksi, pakar marketing dan akademisi yang mengetahui informasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai tertimbang dari matriks IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 3,11 dan total nilai keseluruhan pada matriks EFE (External Factor Evaluation) sebesar 3,54. Dari kedua nilai tersebut dapat dikatakan posisi perusahaan berada pada area yang kekuatannya tinggi. Strategi yang dapat dilakukan adalah menurunkan biaya, meningkatkan kualitas produk, mendorong terciptanya produk baru, dan meningkatkan promosi.

Keywords


Keripik Singkong, Strategi Bisnis , Matriks IFE & EFE, Matriks IE

Full Text:

PDF

References


Evalia, N. A. (2004). Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(1), 57–67.

Febriansyah, A. (2017). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2).

Gunarianto, G., & Mulyono, M. (2018). Development Model One Tambon One Product in Empowerment of Umkm As a Strategy Improve Competitiveness and Access To the Market Entering the Asean Market in Malang Raya. Conference on Innovation and Aplication of Science and Technology (Ciastech), September, 71–80.

Halifah, S., Choiron, M., & Kuswardhani, N. (2013). Strategi Pengadaan Chip Singkong sebagai Bahan Baku Pembuatan Keripik Singkong di UD Tiga Putra. Berkala Ilmiah Pertanian, x, 1–4.

Handayani, T., & Pusporini, P. (2021). Pemetaan Pemasaran UMKM Kuliner Singkong di Kecamatan Cibadak, Banten Dengan Metode AHP. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 826–836.

Hardian, L., Wati, D. R., & Dwiningsih, E. (2021). Singkong Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Sepatan Timur , Kabupaten. Sharia Agribusiness Journal, 1. No.1, 20=22.

Hardiyansyah, A., Ikhwana, A., & Kurniawati, R. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah (Studi Kasus Di PD. LUGINA - Garut). Jurnal Kalibrasi, 13(1), 1–13.

Hartanto, B. W., & Manggalarini, J. A. (2018). Adaptasi Modular Function Deployment Untuk Kesuksesan Pengembangan Konsep Produk Baru Sebagai Peningkatan Daya Saing Industri Kecil. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(3), 129.

Hermawan, D. J. (2018). Pengaruh Jumlah Persediaan Bahan Baku Dan Kapasitas Mesin Terhadap Volume Produksi Pada Ud. Cahaya Restu Kota Probolinggo. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 93.

Ilham, F., Laya, N. K., Daud, D., & Nursali, F. (2019). JU-ke ( Jurnal Ketahanan Pangan ). 3(2), 8–14.

Indariawati, P. (2009). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Industri Kripik Singkong Pt . Inti Sari Rasa. 6(2), 99–104.

Irmayani Noer, Annisa Fitri, Edy Humaidi, Depita Anggraini4, I. P. A. W. (2020). Technical Guidelines for Business Feasibility and Marketing of Various Processing Cassava As an Alternative Food in the Hujan Mas Village , Abung Barat , Lampung Utara. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1), 46–55.

Jenggawah, N., Pada, S., Berpikir, K., Dan, K., & Belajar, M. (2010). Hubungan Penggunaan Alat dengan Petani akibat Pestisida di Subak Sri Gumana Desa Rajasa Kabbupaten Tabanan. Jurnak BETA, 10(1), 186-190.

Kamper, J., Ipb, K., & Bogor, D. (2019). Strategi Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan Olahan Pertanian Melalui Penerapan Good Manufacturing Practices pada UMKM Berdaya Saing di Kota Bandung. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(2), 127–133.

Krisning Tyas, S., & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik Ie, Swot Dan Ahp Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. November, 1–9.

Leliga, F. J., Koapaha, J. D., & Sulu, A. C. (2019). Analysis of Internal Factor Evaluation Matrix , External Factor Evaluation Matrix , Threats-Opportunities-Weaknesses-Strengths Matrix , and Quantitative Strategic Planning Matrix on Milk Products and Nutrition Segment of Nestlé India. East AFrican Scholars Journal of Economics, Business and Management, 4464(4), 186–191.

Lestari, D., Sukiyono, K., & Badrudin, R. (2015). Strategi Pengembangan Pemasaran Industri Rumah Tangga Raflesia Di Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal AGRISEP, 3(2), 147–158.

Ma’rufah, N. A., Deuranto, P., & Silalahi, R. L. R. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Keripik Kentang Agronas Gizi Food dengan Metode Structural Equation Modelling ( SEM ). 1–8.

Mahmudi, A. A., & Sodiq, F. (2020). Strategi pengembangan ukm menggunakan kombinasi metode ahp dan topsis. Computer Science or Informatic Journal, 1(1), 1–11.

Mufti, D., Ikhsan, A., & Zoni, M. (2020). Implementasi Metode Performance Prism Dalam Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Search.Unikom.Ac.Id, 1–10.

Mulyana, M. (2019). Peran Pemasaran Dalam Masyarakat Dan Perusahaan. 1–6.

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23.

P. Julius F. Nagel, A. S. (2018). Faktor Internal dan Eksternal Minat Berwirausaha dan Keberhasilan Usaha pada UMKM di Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1), 53–63.

Parianti, E. (2017). Analisis pengendalian resiko pada usaha keripik singkong. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 32–41.

Pasaribu, U. R., Nuryartono, N., & Andati, T. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(3), 441–454.

Pati, D. I. K. (2021). Analisis Risiko dan Distribusi Pendapatan Usaha Budidaya Tambak Ikan Bandeng (Chanos chanos). Jurnal Agriekonomika, 10 (1), 27-37

Permata, O. D. (2018). Strategi pengembangan usaha kecil dan menengah (ukm) kacang sangrai di kelurahan Keranggan kecamatan setu kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Puji, D., & Sari, P. (2021). Analysis of The Internal and External Environment in Yuk Angkut Snakehead Fish Cracker SMES. Research Accounting Journal, 1(3), 376–381.

Putra, T. G. (2015). Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(April), 1–10.

Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Ramdani, S. H., & Supriyat, F. (2018). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Cv Certowin Multi Trading Indonesia. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(1), 48–55.

Retnolia, A., & Sitio, A. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Gerin Surya Gemilang. Manajemen & Bisnis, 1(3), 1–17.

Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168.

Rosariatuti, R., Sumani, & Herawati, A. (2018). Pemanfaatan Batang Pisang Untuk Aneka Produk Makanan Olahan di Kecamatan Jenawi Karanganyar. Journal of Community Empowering and Services, 2(1), 21–29.

Sinuraya, A. Y. B., Rum, M., & Zuhriyah, A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Niu Green Tea Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriscience, 1(3), 597–612.

Situasi, A. (2011). Peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Produkmelalui Perbaikan Teknologi Proses Produksipada Usaha Kerajinan Batu Putih Gunungkidul. Inotek, 15(2), 109–115.

Sofyan Indris dan Ina Primiana. (2015). Internal And Exsternal Environment Analysis On The Performance Of Small And Medium Industries (SMES) In Indonesia, International Volume 4 ISSUE 04. Journal Of Scientific & Technology Research, 4(4), 188–193.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., & Magister. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Sulistiyo, H., & Putra, R. A. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 38–48.

Suman, M. N. H., Chyon, F. A., & Ahmmed, M. S. (2020). Business strategy in Bangladesh—Electric vehicle SWOT-AHP analysis: Case study. International Journal of Engineering Business Management, 12, 1–10.

Wibowo, Y. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Salak. Jurnal Ilmiah Agribisnis Universitas Sumatera Utara.,1 (3), 59–72.

Yulia, E., & Sugiarto, E. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Keripik Singkong. Jurnal Ekbis, 19(2), 1100.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i3.15622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License