Analisis nilai tambah dan business model canvas UKM Jamu Madura (Studi kasus UKM Al-Manshurien Kamal, Bangkalan)

Abu Royhan, Mokh. Rum

Abstract


Usaha jamu tradisional Indonesia memerlukan optimalisasi untuk pengembangan usaha. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1) menganalisis nilai tambah produk jamu empon-empon instan UKM Al-Manshurien dan 2) menganalisis bisnis model kanvas dan memberikan perbaikan bisnis UKM Al-Manshurien. Penelitian dilakukan pada Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai tambah Hayami dan BMC (Business Model Canvas). Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk jamu empon-empon instan UKM Al-Manshurien layak dikembangkan dengan persentase nilai tambah yang tergolong tinggi 2) perbaikan bisnis diperlukan pada elemen customer relationship, channels, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure. Untuk elemen costumer segments dan value proposition tidak perlu perbaikan dan hanya perlu dipertahankan.

Keywords


Jamu, Nilai Tambah, Business Model Canvas, Pengembangan Bisnis

Full Text:

PDF

References


Analianasari, Berliana, D., & Kenali, W. (2018). Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Finansial Agroindustri Gula Semut Herbal ( Herbal Brown Sugar ) sebagai Minuman Fungsional di Kabupaten Pesawaran Additional Value Analysis and Financial Feasibility of Herbal Brown Sugar Agroindustry as a Functional Dr. Polinela, 33–38.

Arifin, Z., Yuliawati, F., & Syafrawi, F. (2016). IbM Home Industri Jamu Tradisional Madura untuk Meningkatkan Daya Saing di Kabupaten Pamekasan. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i2.283

Aulia, G. R. (2012). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Usaha Industri Tahu Di Kota Medan. Skripsi on Social Economic of Agriculture and Agribusiness, 2(1), 1–120. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1737/981

Badan Pusat Statistik. (2020). Kabupaten Bangkalan dalam Angka Tahun 2021. XXXVI. 2355, Diakses 26 Januari 2020.

Deary, R. F., Hasun, F., & Aryani, S. (2021). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Wedo Party Planner Menggunakan Metode Business Model Canvas Evaluation and Design of Wedo Party Planner Business Model Using Business Model Canvas Metdod. 8(5), 6962–6971.

Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. (2019). Usaha Kecil Obat Tradisional. http://pelayanan.jatim.go.id/download/regulasi/per.

Hasibuan, A., Novita, D., Yusrita, N. M. R. T., & Riana, Z. (2021). Kewirausahaan.

Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., & Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. CGPRT Centre, 8, 80.

Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 1–11.

Ikawati, Y., Kusnandar, & Setyowati, N. (2018). Strategi Pemasaran Produk Jamu pada Perusahaan Jamu Bisma Sehat Kabupaten Sukoharjo. AGRISTA, 6(1), 97–106.

Itta, D., Helmi, M., & Ardhana, A. (2021). BUSSINES MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI Business Model Canvas as Alternative Business Strategy for Purun Straw Crafts in Tumbang Village Nusa , Jabiren District , Pulang Pisau Regency. 9(3), 271–281.

Julian, R., Praptono, B., & Sagita, B. H. (2021). Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Rasa Kopi Menggunakan Pendekatan Business Model Canvasv (BMC). E-Proceeding of Engineering, 8(5), 6993–7002.

Kamila, R., Syarief, R., & Saptono, I. T. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis Madu Pada Cv Ath-Thoifah Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.173-184

Kartika, D., Kuncoro, R., Widyarini, W., Saptaningtyas, E., Teknologi, D., Pertanian, I., Pertanian, F. T., & Kamper, J. (2021). Model Bisnis Pasca Pandemi Utuk IKM Amplang. Jurnal Riset Teknologi Industri, 15(2), 231–241.

Kemenperin. (2015). Kemenperin Optimis Industri Jamu Tembus Proteksi Ekspor. 27 Mei 2015, https://kemenperin.go.id/artikel/12152/Kemenperin-.

Khasanah, U., Oktafiani, F., Indriani, T. M., Intan, D., & Saputra, S. (2022). Pendampingan Analisa Pasar Online pada Produk Asinan Buah “segeran.pwt.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 339–344.

Matahurila, G. B. R., Chumaidiyah, E., & Aryani, S. (2021). Perancangan Usulan Model Bisnis Pada Distro Richmonkey Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. E-Proceeding of Engineering, 8(5), 8504–8511.

Melia Dewi, L. P., Mulyani, S., & Satriawan, I. K. (2020). Analisis Usaha Agroindustri Minuman Tradisional Kunyit Asam di Paon Jamu (Curcuma domestica Val. – Tamarindus indica L.). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 9. https://doi.org/10.24843/jrma.2020.v08.i01.p02

Nastiti, F. E., & Hadi, S. P. (2014). ANALISIS KEBUTUHAN APLIKASI DENGAN PEMETAAN PADA BUSINESS MODEL CANVAS. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Nuzuliyah, L. (2018). Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Tanaman Rimpang (Added Value Analysis of Rhizome Product). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(1), 31–38.

Osterwalder, A, & Visionaries, P. A. H. for. (2010). Business Model Generation. Game Changers, and Challengers (1st ed.

Osterwalder, Alexander, Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2010). Ostenwalder 2010.

Perwitsari, Y. P., & Soetriono. (2020). Analisa Pendapatan, Nilai Tambah, dan Strategi Pengembangan Usaha di Sentra Kerajinan Kulit Selosari Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Peternakan Indonesia, 22(3), 255–266. https://doi.org/10.25077/jpi.22.3.255-266.2020

Priantara, D. G. Y., Mulyani, S., & Satriawan, I. K. (2016). Analisis nilai tambah pengolahan kopi arabika kintamanibangli. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 4(4), 33–42.

Putra, S. I., Istiqomah, Gunawan, D. S., & Purnomo, S. D. (2020). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Industri Pengolahan Kopi : Pendekatan Metode Hayami. Indonesia Journal of Development Economics, 3(3), 994–1005. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/efficient%0AAnalisis

Qur’ani, H., & Rizqi Khairunnisa. (2018). Anaisis Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Kelas Menengah Laundry Papin Sukapuratelkom University. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (ALMANA), 2(1), 79–86.

Rahmatang, R., Evahelda, E., & Agustina, F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: UMKM Toko Pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah). Journal of Integrated Agribusiness, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.33019/jia.v1i2.1080

Ramawati, R., Soedarto, T., & Nurhadi, E. (2019). Pengolahan Kopi Dan Analisis Nilai Tambah Kopi Robusta Di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 8(2), 135–144. https://doi.org/10.33005/adv.v8i2.1859

Sarman, Edwina, S., & Rifa’i, A. (2015). Analisis Usaha Agroindustri Jamu Tradisional Skala Rumah Tangga di Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Jom Faperta, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.11164/jjsps.5.2_381_2

Suhardi, & Subari, S. (2020). Analisis Usaha dan Nilai Tambah Kopi Cabe Jamu di Kabupaten Sumenep (Studi Kasus CV. Alifa Jaya, Kecamatan Bluto). Agriscience, 1(2745–7427), 200–218.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia, 19(3), 320–330. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177

Syaiful, Furqon, C., & Sultan, M. A. (2018). Business Model Canvas Analysis on Cual Weaving Industry. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 1(2), 115–122. https://doi.org/10.17509/tjr.v1i2.14108

Tahwin, M., & Widodo, A. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 154–166. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.154-166

Viali, A. F., Rifin, A., & Saptono, I. T. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Cargo PT. Garuda Indonesia, Tbk dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 474–485. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.474

Widyowati, R., Kusumawati, I., Ekasari, W., & Purwitasari, N. (2018). Pengembangan produksi jamu dan bahan spa bagi penjual jamu gendong dan simplisia di Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 346–349.

Wulandary, A., R, F., Mursalat, A., Darhayati, A. T., & Masitah. (2020). Business Model Canvass Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO).

Yudianto, A., & Nurhidayati, A. (2021). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Pengembangan Usaha Mangga Di Desa Pawidean Jatibarang Kabupaten Indramayu. 2(1), 26–32.

Zulkarnain, Lamusa, A., & Tangkesalu, D. (2013). SAL-HAN DI KOTA PALU Added Value Analysis of Ginger Coffee on Sal – Han. Agrotekbis, 1(5), 493–499.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License