Strategi pemasaran usaha tempe di UMKM Nurul Huda

Ainun Najib, Amanatuz Zuhriyah

Abstract


UMKM tempe di Pasuruan sampai saat ini masih banyak yang berproduksi mulai dari skala kecil hingga skala besar. Besarnya permintaan tempe di pasar menjadi acuan layak atau tidaknya usaha tempe dijalankan. Pelaku UMKM di Pasuruan sebagian besar merupakan pelaku usaha dengan skala mikro atau kecil yang cenderung membatasi diri agar tidak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi pemasaran usaha tempe di UMKM Nurul Huda. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran di UMKM Tempe Nurul Huda adalah strategi SO (Strenght - Opportunities) sesuai dengan hasil interpolasi garis diagonal dan perhitungan luas kuadran yang menunjukkan posisi kuat yaitu pada kuadran I, dengan mempertahankan produk menggunakan bahan baku murni untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas sekaligus meningkatkan kemampuan kerja sama dengan toko klontong untuk efisiensi waktu pemasaran.  Maka strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UMKM Nurul Huda adalah dengan mempertahankan kualitas produknya.


Keywords


Pemasaran, SWOT, Tempe

Full Text:

PDF

References


Alamanda, D. T., Anggadwita, G., Raynaldi, M., Novani, S., & Kijima, K. (2019). Designing Strategies using IFE, EFE, IE, and QSPM analysis: Digital Village Case. The Asian Journal of Technology Management (AJTM), 12(1), 48–57. https://doi.org/10.12695/ajtm.2019.12.1.4

Amarala, A. N. G., Supardi, S., & Harisudin, M. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tempe Samodra Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 3(1), 08. https://doi.org/10.22219/agriecobis.vol3.no1.08-16

Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. (2017). Analisis Swot Pada Umkm Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 43(1), 104–113.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Aulia, G. R. (2012). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Usaha Industri Tahu Di Kota Medan. Skripsi on Social Economic of Agriculture and Agribusiness, 2(1), 1–120. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1737/981

Badan Standarisasi Nasional. (2015). Tempe Kedelai SNI 3144. In Jakarta. Badan Standarisasi Nasional.

Dori, C. M., & M Afuan. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(1), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Farida, & Fauziyah, E. (2020). Strategi Pengembangan Ukm Jamu Tradisional Madura Ayu. Agriscience, 1(1), 88–102.

Hidayat, A. F., & Abdul Muttalib, S. (2020). Analisis Nilai Tambah Produk Agroindustri Tempe Di Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian Dan Biosistem, 8(2), 230–235. https://doi.org/10.29303/jrpb.v8i2.190

Ivan, D., & Simatupang, S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Tempe Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 3(1), 243–257.

Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250

Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.175

Nurkariani, N. L., Putu, G., & Kusuma, E. (2022). SWOT Analysis as The Basis of The Marketing Mix in Increasing Income in PT . Elteha International Singaraja. 6(1), 72–76.

Prasetyo, M. L. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan. 2662, 35–41.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Tambunan, T. S. (2020). SWOT Analysis for Tourism Development Strategy of Samosir Regency. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2), 90. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i2.2020.90-105

Wardoyo, Paulus. 2011. Enam Alat Analisis Manajemen. Semarang: Semarang University Press




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i2.15578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License