Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dine in di “MANA KOPI” Sidoarjo

Arinda Putrisasti Hatnaningtiyas, Slamet Subari

Abstract


Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi yang harus dikembangkan untuk membangun brand image atau citra dari suatu usaha sehingga dapat menjadi faktor penambah kepuasan pelanggan. Di tengah ketatnya persaingan bisnis coffee shop saat ini, seorang pengusaha perlu memperhatikan aspek-aspek produk, harga, lokasi, dan promosi sebagai strategi untuk mencapai kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial di “Mana Kopi” Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan jumlah responden sebanyak 50 orang, yakni pelanggan yang melakukan pembelian secara dine in atau makan di tempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di Mana Kopi Sidoarjo. Koefisien determinasi (R square) diperoleh sebesar 0,480 atau bila dipersentasekan, terdapat 48 persen variabel produk, harga, lokasi, dan promosi yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Mana Kopi Sidoarjo, sedangkan 52persen sisanya dipengaruhi variabel lain di luar model. Secara parsial, hanya variabel produk (X1) dan harga (X2) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel lokasi (X3) dan promosi (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan.


Keywords


Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adhistyo, T., & Setyaningrum, K. (2020). Studi Kepuasan Konsumen Pada Peacock Coffee Gajah Mada Semarang. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 38–48.

Alia, L., Barkah, C. S., & Tresna, P. W. (2021). Analisis Persepsi Konsumen dalam Menyusun Strategi Meningkatkan Kualitas Produk di Cafe Feelter. Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(1), 71–79.

Amilia Suri, & Novianti Ayu. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 459–468.

Anggi Ranitaswari, P., Mulyani, S., & Anom Bayu Sadyasmara, C. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (Studi Kasus Di Geo Coffee). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 6(2) , 147–157.

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51 (2) , 1-7.

Aritonang, R. L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Gramedia.

BPS Indonesia. 2020. Statistik Kopi Indonesia 2020.

Christian, I., & Kartawidjaja, J. (2021). Analisis Perbandingan Persepsi Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran Kopi Janji Jiwa dan Kopi Kenangan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3271–3279.

Dewi, P. V. A., Agung, P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Langkah Coffee Shop. Jurnal Manajemen, 2(2), 1–15.

Fathimah, F. (2013). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Mineral di Samarinda. EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(4), 340–350.

Fauzi, C. B., Mandey, S. L., Rotinsulu, J. J., Strategi, A., Untuk, P., Daya, M., Di, S., Fauzi, C. B., Mandey, S. L., Rotinsulu, J. J., Ratulangi, U. S., Fauzi, C. B., Mandey, S. L., & Rotinsulu, J. J. (2022). Coffee Shop Pulang Manado Analysis Of Marketing Strategies To Increase Competitiveness In Coffee Shop Pulang Manado. Jurnal EMBA, 10 (2), 51-62.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 56–64.

Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Faktor Yang Menentukan Perilaku Konsumen Untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok Di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1–15.

Ibrahim, K., Triwardhani, D., & Marzuki, F. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Kopi kenangan Pada Generasi Milenial. Prosiding Biema, 1, 643–655.

Ihsan Mu’tashim, M., & Setiawan Slamet, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor) The Effect of Product Quality and Service Quality on Costumer Satisfaction (A Case Study of Coffee Shops in Bogor City). Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 10(2), 118–132.

International Coffee Organization (ICO). 2020. Domestic Consumption by All ExportingCountries. https://www.ico.org/trade_statistics.asp?section=Statistics

Iqbal, M. 2015. Regresi Data Panel “Tahap Analisis”. Sarana Tukar Menukar Informasi dan Pemikiran Dosen. http://dosen.perbanasinstitue.ac.id

Juoro, U. 1989. Perkembangan Studi Ekonomi Aglomerasi dan Implikasinya Bagi Perkembangan Perkotaan di Indonesia. Ekonomi dan Keuangan Indonesia, 37 (2) : 269-294.

Kamaluddin, & Iriani, N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi di Sungguminasa. Jurnal Economix, 6(1), 53–60.

Kusuma, N. P., Suyadi, I., & Abdillah, Y. (2014). Analyzing The Effect Of Product Quality On Customer Satisfaction And Customer Loyalty In Indonesian Smes ( Case Study on the Customer of Batik Bojonegoro Marely Jaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 1–7.

Kusuma Wardhani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora P-ISSN, 5(1), 510–521.

Lutfita, A., & Dwiridotjahjono, J. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Meningkatkan Penjualan pada Hanacaraka Coffee Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(4), 226–239.

Meilda, Y., Hamdani, I., & Triwoelandari, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Al-Amin Islamic Store Laladon Bogor ). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 274–290.

Novebri, & Fadhilah, N. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Kopi Mandailing (Studi Kasus Pada Coffee Shop Lopo Mandheling Cafe, Panyabungan). JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 44–55.

Ovita, N. W. V., Suryawardani, I. G. A. O., & Agung, I. D. G. (2019). Persepsi Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen dan Hubungannya dengan Minat Berkunjung Ulang pada Mangsi Coffee. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 8(2), 175.

Prakoso, B. D., & Djawoto. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(10), 1–19.

Rachmatunnissa, D., & Deliana, Y. (2019). Segmentasi Konsumen Coffee Shop Generasi Z di Jatinangor. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 90–100.

Saniah, S., Yudi Ariadi, B., & Harpowo. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Kedai “Pesenkopi” di Kota Malang. Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 3(1), 40–49.

Sari, I. P., Anindita, R., & Setyowati, P. B. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Habitat, 29 (2), 57-64.

Sawitri, H., & Yuziani. (2021). Gender dan Kebiasaan Minum Kopi Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 16(4), 168–172.

Shartykarini, S., Firdaus, R., & Rusniati. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pengunjung Cafe di Banjarbaru). Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 39–49.

Sudarsono, A. T., & Rum, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo Factors that Influence Coffee Purchase Decisions at Sehari Sekopi Sidoarjo. Agriscience, 2(2), 408–427.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumarsih, E., Widodo, H. J., & Harseno, S. (2021). Persepsi Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran di McCafe Lodaya Bogor. Humanis, 1(2), 413–418.

Susila, I. G. B., Rooswidjyajani, & Ratri, A. M. (2017). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Kafe Grow Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 165–171.

Tangko, M., & Christiany, N. (2016). Analisis Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Just Coffee Specialty Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 4(2), 217–233.

Tauriana, D., & Andhika, A. (2010). Bauran Pemasaran, Manajemen Hubungan Pelanggan dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen. The Winners, 11(1), 34.

Wachdijono, & Yahya, A. C. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Keberadaan Coffee Shop dan Barista pada Era Pemasaran Kopi Ke Tiga. Jurnal Paradigma Agribisnis, 4(1), 11–24.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., Karuntu, M. M., Ekonomi, F., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt . Hasjrat Abadi Ranotana The Influence Of Marketing Mixture On Purchase Decision Of Honda Motorcycle At Pt . Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA, 6(4), 2058–2067.

Watae, Worang, Soepeno, D., & Ratulangi, U. S. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4245–4254.

Wowor, S., D Massie, J. D., & Ch Raintung, M. (2021). The Influence Of Marketing Mix Factors On Purchasing Decisions At Seruput Tomohon Coffee Company In Times Of Pandemic. Jurnal EMBA, 9(3), 1472–1481.

Yasmin, S., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan, Studi Pada D’Goendoe Cafe Kota Batu. JIAGABI, 10(2), 136–141.

Yucha, N., & Safitri, S. N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran, Suasana Kafe dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian di Intano Coffee Shop and Roastery Krian. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMAHA, 3(1), 180–186.

Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya Hidup Kaitannya dengan Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman Kopi. Agrisep, 17(1), 39–50.

Zeithaml, V., & Bitner, M. J. 2000. Service Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm, Second Edition. New York : Mc Graw Hill Companies Inc.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License