Dampak Persepsi Konsumen pada Pemasaran Ikan terhadap Keputusan Pembelian di Pasar Tanjung Sampang

Moh Sudi, Elys Fauziyah

Abstract


Keberadaan Pasar Tanjung dipersepsikan secara berbeda-beda oleh setiap konsumen. Terdapat sebagian konsumen yang mempersepsikan positif mengenai keberadaan pasar tersebut seperti akses mudah dijangkau, dan dapat memperoleh produk ikan segar dengan mudah. Namun disisi lain ada juga konsumen yang mempersepsikan negatif terkait penjualan ikan di tempat tersebut, seperti menyebabkan kemacetan, menimbulkan aroma yang kurang sedap, wilayah terkesan tidak teratur, kotor dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen pada pemasaran ikan di Pasar Tanjung dan menganalisis dampak persepsi tersebut terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pembeli ikan di Pasar Tanjung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (secara sengaja) dengan kriteris responden minimal 2 kali pembelian, dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Jenis data bersumber dari data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online. Metode analisis yang digunakan yaitu skala likert dan analisis regresi liniear berganda menggunakan program SPSS. Hasil dari persepsi konsumen memiliki persepsi yang positif terhadap penjualan ikan di Pasar Tanjung. Hasil uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikoliniearitas dan heteroskedastisitas menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan telah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Tanjung. Sedangkan produk, lokasi, promosi, umur, pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ikan di Pasar Tanjung. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan untuk tetap mempertahankan harga yang murah untuk semua varian jenis ikan yang dijual di Pasar Tanjung. Selain itu diperlukan pemerintah daerah dapat melakukan penataan lokasi pemasaran ikan, supaya tertib dan teratur.


Keywords


Persepsi, konsumen, pasar, regresi linear berganda.

Full Text:

PDF

References


Angriva, S., & Sunyigono, A. K. (2020). Persepsi dan Preferensi konsumen terhadap Produk Madu PT KEMBANG JOYO. AGRISCIENCE, 1(1), 186–199.

ArumYuliantiningsih, Dr. H. Susilo Toto Rahardjo, SE., M. (2016). Analisis Pengaruh Citramerek, Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Bandeng Juwana Elrina). Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1–11.

Badan Pusat Statistik 2020. (2020). Analisis Pengaruh Nilai Produksi Perikanan Budidaya Terhadap Produk Domestik Bruto Sektor Perikanan di Indonesia. Katalog Dalam Angka.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.

Dewi, I. A. P., Sudarta, W., & Ustriyana, I. nyoman G. (2013). Persepsi Konsumen terhadap Beras Organik dan Anorganik di Toko Satvika Boga Sanur Denpasar. E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 2(2), 71–79.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Tahun 2020. (2020). Rencana Strategis Tahun 2020-2024 Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. DJPB, kementeria, 1–94.

Ernawati, S., Utami, D. P., & Hasanah, U. (2017). Persepsi Konsumen terhadap Beras Sehat Bogowonto. SURYA AGRITAMA, 6(2), 95–103.

Ferrinadewi, E., & Rukismono, M. (2018). Faktor yang Dipertimbangkan Buyer dalam Keputusan Pembelian Hasil Laut Olahan Produksi Indonesia. Business and Finance Journal, 3(2), 77–84.

Latifah, S., & Suhardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Pos Belakang Padang Batam. Ekuvalensi, 6(1), 57–72.

Mailindra, W., & Amali, M. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Indomaret Kecamatan Sungai Bahar. Ekonomis : Journal of Economics and Business, 2(2), 235–244.

P, M. D. A., & Wati, H. D. (n.d.). Persepsi Konsumen terhadap Atribut Produk Gula Siwalan di Kecamatan Dungkek. Seminar Nasional Optimalisasi Sumberdaya Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0, 309–313.

Putri, A. S., Zakiah, & Romano. (2017). Analisis Kepuasan dan Keputusan Konsumen Terhadap Konsumsi Ikan laut di Kota Banda Caeh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(2), 183–194. https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i2.2866

Putri, D. G., Antang, E. U., & Sinta, T. Y. E. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Pangan Lokal Kupu. Jurnal Penelitian UPR, 1(1), 17–26.

Rizki, D. A., Munandar, J. M., & Andrianto, M. S. (2013). Analisis Persepsi Konsumen dan Strategi Pemasaran Beras Analog ( Analog rice ). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, IV(2), 144–162.

Saiful, & Talakua, E. G. (2020). Keputusan Dan Kepuasan Konsumen Membeli Ikan Cakalang ( Katsuwonus pelamis ) Segar Di Kota Ambon Purchase And Consumer Decision To Buy Fresh Skipjack Tuna ( Katsuwonus pelamis ) In Ambon City. Jurnal IPTEKS PSP, 7(14), 62–73.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Subakti, A. G., Tenironama, D., & Yuniarso, A. (2018). Analisis Persepsi Konsumen. Tourism and Hospitality Essentials (THE), 8(1), 31–38.

Suhartini, M., Khotimah, K., & Hidayat, R. (2020). Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik-Sehat Tambakrejo Jombang. Agrosaintifika : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(2), 131–146.

Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Deepublish.

Syahputro, D., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Harmoni Lestari Pematangsiantar. SULTANIST, 3(1), 8–15.

Tanjung, F. A. (2020). Pengaruh Pendidikan, Usia, dan Jumlah Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Curah Pada Rumah Tangga Di Desa Wek III Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli selatan (pp. 1–87).

Thio, S. (2008). Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 4(1), 18–27.

Waskito, D., Z, M. A., & S.P, A. R. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik Di Yogyakarta. PELITA, IX(1), 36–48.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License