Pengaruh Word of Mouth dan Promosi Online terhadap Minat Beli Masyarakat pada Usaha Makanan Online Nasi Madura Pantry’s Kota Pasuruan
Abstract
Perkembangan era digital menjadi peluang dan tantangan bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Bagi pelaku usaha yang tidak dapat memanfaatkan peluang tersebut maka akan sulit untuk bersaing dalam memasarkan produknya dibandingkan pelaku usaha yang melakukan pemasaran memanfaatkan teknologi atau online. Usaha Nasi Madura Pantry’s yang terletak di Kota Pasuruan ini adalah usaha makanan yang melakukan pemasaran melalui word of mouth serta pemasaran melalui media online di aplikasi instagram. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh word of mouth dan promosi online terhadap minat beli masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yakni pada variabel word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat, sedangkan pada variabel promosi online berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat. Dari kedua variabel tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat beli masyarakat, yakni dengan meningkatkan indikator pada masing-masing variabel (word of mouth dan promosi online) yang mempunyai hasil responden tidak setuju terbanyak, seperti melakukan promosi usaha pada marketplace grabfood dan gofood secara berkala, mengenalkan produk kepada masyarakat luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, N. P. E. J. A. (2014). Pengaruh Pengaruh Word Of Mouth dan Customer Community terhadap Energi Marketing pada A Salon & Spa di Kabupaten Badung Tahun 2013. Jurnal Jurusan Pendidikan. 4(3), 1–12.
Bao, T., & Chang, T. S. (2014). Finding Disseminators Via Electronic Word of Mouth Message for Effective Marketing Communications. Decision Support Systems, 67, 21–29. 6
Candraningrat, Adrianto, Y. R., & Wibowo, J. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM, 03(01), 1–6.
Daulay, R., & Mujiatun, S. (2021). The Appeal Of Advertising And Word Of Mouth To Online Shopping Interests On Shopee Application. International Journal Reglement & Society, 2(1), 45–53.
Deshinta, H., & Suyanto, A. (2020). Efektifitas Promosi Online Pada E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 9–18.
Fachruddin, R. (2020). Pengaruh Online Marketing dan Word Of Mouth Promotion Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kafe Hidden Place di Medan. Universitas Medan Area.
Hakim, L., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada UD. Bintang Sembilan). Journal Of Management Studies, 15(2), 204–214.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., Widjojo, H., & Mulya, U. P. (2021). Pengaruh Iklan di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 8(1), 217–228.
Hasan, F. (2020). Metode Riset Bisnis. In UTM Press (Issue February).
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervenning Variable Pada E-commerce Shopee. Jurnal Managemen Pemasaran, 14(1), 35–43.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru (Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT . Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA, 6(3), 1568–1577.
Kundu, S., & Sundara Rajan, R. (2017). Word of Mouth: A Literature Review. International Journal of Economics & Management Sciences, 06(06).
Kusumawati, D., & Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tengah. JAB, 6(01), 1–13.
Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Muhammad, I. H. (2021). Kawasan elit masyarakat eropa di kota pasuruan tahun 1918 – 1942. Avatara, 10(2), 1–13.
Muhiban, A., & Permatasari, Y. (2021). Pengaruh Iklan di Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online Melalui Aplikasi Shopee : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Pasim. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 804–812.
Navitha, S. A., & Vasantha, S. (2019). Influence of electronic word of mouth eWOM on purchase intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 1–5.
Ningsih, D. N., & Hidayat, C. W. (2017). Pengaruh Strategi Promosi dan Sosial Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth. Journal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–6.
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.
Nur, U. K. (2020). Pengaruh Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Konsumen Toko Family Cilacap). Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali.
Nurhayati & Yuanita, I. (2015). Studi Karakteristik Konsumen Yang Berbelanja Pada Ritel Modern Di Kota Bukittinggi. Jurnal Administrasi Bisnis, 19(2), 147–158.
Nurlatifah, S. Z., & Masykur, R. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth (WOM) dan Produk Pembiayaan Syariah Tehadap Minat dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) pada Baitul Tamwail Muhammadiyah (BTM) Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 163–170.
Putri, N. M. D. K. (2018). Peran Word of Mouth Memediasi Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Green Product Merek Oriflame di Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 1(1), 80–98.
Rofik, M., & Khamainy, A. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Platform E-Commerce Guna Menarik Minat Siswa Berwirausaha (Pelatihan Bagi Siswa Kelas 3 MA ASWAJ Ambunten). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 127–136.
Rosida, & Haryanti, I. (2020). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Nithalian Collection Bima ). Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(ISSN 2716-4128), 150–160.
Sebayang, D. A. (2018). Efektifitas Media Sosial Sebagai Sarana Promosi “Molen Arab” (Studi Deskriptif Kuantitatif Efektivitas Media Sosial sebagai Sarana Promosi “Molen Arab” di Kalangan Mahasiswa USU). Universitas Sumatera Utara.
Setiawan, P. Y. B., Fudholi, A., & Satibi. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Produk. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi, 6(2), 115–124.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta CV
Tri, F., & Febriana, P. (2014). Promosi Online Pada Indie Clothing Inspired27 Malang. Kanal, 2(2), 107–206.
Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136–146.
Widjaja, A. T. (2016). Pengaruh Word of Mouth Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention : Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 53(12), 241–253.
Yan, Q., Wang, L., Chen, W., & Cho, J. (2016). Study on the influencing factors of unplanned consumption in a large online promotion activity. Electronic Commerce Research, 16(4), 453–477.
Yasin, M. F. R. N. H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(564), 1–73.
Zainullah, & Siswanto, A. S. S. (2021). Pengaruh Word Of Mouth dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Anggotas Di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(November), 317–326.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15240
Refbacks
- There are currently no refbacks.