Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Keripik Singkong di UD. Sumber Mutiara Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang

Yuliana Mama Riszinin, Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho

Abstract


Keripik singkong yaitu camilan yang digemari oleh semua kalangan dengan rasa yang bermacam-macam jenisnya seperti original, pedas dan balado. Umumnya singkong salah satu produk pertanian yang bisa memberikan nilai tambah secara ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen keripik singkong UD. Sumber Mutiara dan menganalisis atribut-atribut keripik singkong yang diinginkan konsumen. Sampel diambil menggunakan accidental sampling sebanyak 45 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan, konsumen keripik singkong UD. Sumber Mutiara rata-rata usia 17-24 tahun, pendidikan terakhir SMA, berprofesi mahasiswa/pelajar dan memiliki pendapatan kurang dari Rp.1.000.000. Atribut yang menjadi preferensi konsumen keripik singkong adalah atribut bentuk keripik bulat, rasa original, kemasan plastik dan harga Rp.12.000 - 13.500 350 gram. Rasa, harga, kemasan dan bentuk keripik adalah atribut yang dipertimbangkan secara berurutan.


Keywords


Preferensi Konsumen, Keripik Singkong, Konjoin

Full Text:

PDF

References


Agatha, Grace Virginie, Teguh Endaryanto, and Ani Suryani. 2020. “Analisis Preferensi, Kepuasaan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keripik Pisang Dan Singkong Di Sentra Agroindustri Keripik Kota Bandar Lampung.” Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis 8(1): 137–44.

Aini, Sofia Nur, Imam Syafi, and Ebban Bagus Kuntadi. 2014. “Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Keripik Singkong Rasa Asin Di Kabupaten Bondowoso.” Berkala Ilmiah Pertanian 1(1): 1–8.

Anggara, B Dwi. 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Di Pasar MMTC Medan. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Azhari, Ayub. 2016. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Ubi Jalar Di Kota Medang. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Bangun, Pengarapen, Rachmad Sitepu, and Sari C Kembaren. 2014. “Preferensi Wisatawan Terhadap Kunjungan Wisata Pulau Samosir Dengan Analisis Konjoin.” Saintia Matematika 02(03): 267–75.

Barakah, Ainun. 2018. “Utilitas Dalam Perilaku Konsumen Perspektif Nilai Keislaman.” Jurnal Studi Keislaman 4(2): 233–39.

Firmansyah, Muhammad Anang. 2018. Perilaku Konsumen ( Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Garmyn, Andrea. 2020. “Consumer Preferences and Acceptance of Meat Products.” journal foods 9(6): 1–18.

Harsita, Pradiptya Ayu, and Amam. 2019. “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong.” Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 3(1): 19–27.

Harsono, Ach. Haris Budi. 2013. “Preferensi Konsumen Terhadap Kerupuk Jagung Produksi Home Industri Anggun Di Desa Manding Timur Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep.” In Seminar Nasional Optimalisasi Sumberdaya Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0, , 342–49.

Indariawati, Praba, Sapta Raharja, and Soewarno T. Soekarto. 2011. “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Industri Kripik Singkong Perusahaan PT. Inti Sari Rasa Di Bekasi.” Manajemen IKM 6(2): 99–104.

Indarto, Rossi. 2011. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smartphone. In Skripsi. Universitas Indonesia.

Iwan J. dan Lidya M. 2010. Pembangunan Berkelanjutan Pembangunan Berkelanjutan: Peran Dan Kontribusi Emil Salim. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Jamaluddin. 2020. Puluhan Ribu Data UMKM Di Sampang Tidak Diperbaharui.

Kalsum, Ummi, Elys Fauziyah, and Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho. 2013. “Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan.” Agriekonomika 2(2): 153–62.

Kementerian Pertanian. 2015. Outlook Komoditas PertanianTanaman Pangan Ubi Kayu.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Marbun, Desyanti, Basuki Sigit Priyono, and Melli Suryanty. 2015. “Analisis Persepsi, Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Pancake Durian (Studi Kasus : Pancake Durian Produksi Celebrity Pancake).” Jurnal Agrisep 15(2): 215–26.

Mokodongan, Wahyudi ., Juliana R. Mandei, and Joachim N.K. Dumais. 2017. “Nilai Tambah Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Ibu Dewi (Studi Kasus Kecamatan Malalayang).” Agri-Sosioekonomi 13(3A): 27–32.

Mulyadi, Andri, and Elys Fauziyah. 2014. “Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan.” Agriekonomika 3(1): 65–80.

Naibaho, Tota Totor. 2019. “Analisis Perbedaan Tingkat Pendapatan Terhadap Preferensi Konsumen Kopi Lokal Sumatera Di Kota Medan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 4(1): 505–13.

Nurkholis. 2017. “Penetapan Usia Dewasa Cakap Hukum Berdasarkan Undang- Undang Dan Hukum Islam.” Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam 8(1): 75–91.

Oktavia, Zetiara. 2021. Analisis Nilai Tambah Ubi Kayu Menjadikeripik Singkong Dkz Dalam Meningkatkanperekonomian Industri Rumah TanggA. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Oktrisa, Tania, Wuryaningsih Dwi Sayekti, and Indah Listiana. 2015. “Persepsi, Preferensi Dan Pola Konsumsi Makanan Jajanan Berbasis Singkong Terhadap Remaja : Kasus Di SMAN 2 Bandar Lampung Dan SMAN 1 Tumijajar Tulang Bawang Barat.” Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis 3(2): 219–27.

Palisuri, Palipada. 2016. “Analisis Produksi Dan Agroindustri Pisang Ambon Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Pendapatan Usahatani Di Kabupaten Gowa.” Jurnal Ecosystem 16(1): 1–11.

Rahardjo, Christopher Richie. 2016. “Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food.” Jurnal Manajemendan Start-Up Bisnis 1(1): 32–43.

Rahayu, Jeani Noviana, Elys Fauziyah, and Aminah HM Ariyani. 2012. “Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya.” Agriekonomika 1(1): 52–67.

Riawati, Nian, and Nurcahyaning D.K. 2019. “Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5(1): 6–12.

Rohmah, Alsa Nailur, and Slamet Subari. 2021. “Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya.” Agrischience 1(3): 548–62.

Santoso, Sela Ovina, Azalia Janeta, and Monika Kristanti. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Makanan Pada Remaja Di Surabaya. In Skripsi. Universitas Kristen Petra.

Sari, Diana Puspita, Heru Prastawa, and Dyah Lintang. 2010. “Analisis Tingkat Kepentingan Atribut Perpustakaan Berbasis Riset Melalui Metode Conjoint Analysis Studi Kasus Di Universitas Diponegoro.” J@ti Undip - Jurnal Teknik Industri Universitas Diponegoro 5(2): 105–18.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License