Penerapan Bussines Model Canvas pada UKM Budi Bawang Merah di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro

Ahmad Shohibul Hikam, Taufik R D A Nugroho

Abstract


UKM Budi Bawang Merah merupakan usaha yang bergerak di bidang pemasaran bawang merah yang berlokasi di Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengidentifikasi model bisnis UKM Budi Bawang Merah dengan menggunakan Business Model Canvas, (2) Menciptakan usulan Business Model Canvas yang baru untuk menghadapi persaingan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM Budi Bawang Merah berada dikuadran I artinya mempunyai posisi yang sangat menguntungkan atau mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dan usulan model bisnis baru dengan sembilan strategi baru seperti membuka segmen baru pada customer segments, menambah varian dan mendaftar legalitas usaha pada value proposition, penggunaan digital platform pada channels, melakukan promosi pada customer relationships, penjualan daun bawang kering pada revenue stream, penambahan mesin produksi dan peningkatan SDM pada key resources, melakukan pemasaran online pada key activities, memperluas jaringan kemitraan pada key partnerships, adanya biaya tambahan untuk pembuatan dan pengelolaan media sosial pada cost structure.


Keywords


Bawang Merah, Strategi, BMC, SWOT

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, 10(10).

Badan Pusat Statistik. (2012). Data Produksi dan Konsumsi Bawang Merah di Jawa Timur Tahun 2012.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods In Education. In Taylor & Francis e- Library. Taylor & Francis e- Library.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro. (2020). Data Produksi Bawang Merah.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro. (2021). Data Produksi Bawang Merah Kecamatan Kanor.

Dirjen Hortikultura. (2011). Potensi Holtikultura di Jawa Timur.

Fahmi, R. R., & Hayati, M. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Beras Ud. Sovi Jaya Di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1(2).

Fauziah, P. (2020). Strategi Pengembangan UMKM Menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2).

Fitriani, R., Nugraha, & Djamaludin. (2020). Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit dengan Metode Analisis SWOT dan Bisnis Model Canvas. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 18(1).

Hartatik, & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2).

Hofifah, S. (2020). Analisis Persaingan Usaha Pedagang Musiman di Ngebel Ponorogo ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 3(2).

Indrawati, E. M., Munawi, H. A., Suwardono, A., Santoso, R., Manikta, M. D., Mahdiyah, U., Nadliroh, K., & Nevita, A. P. (2020). Pelatihan Pengolahan Bawang Merah dengan Alat Pebmo Pada Kelompok Petani Bawang Merah Di Desa Sekoto Kabupaten Kediri. Jurnal Abdinus Jurnal Pengabdian …, 3(2).

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2019). Data Konsumsi Bawang Merah.

Lynch, R. (2013). Strategic Management. In Pearson. Pearson Education Limited.

Muhammad, M., & Ekaria, E. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah Lokal Topo di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2).

Nafiatul Khoyriah, Ekowati, T., & Anwar, S. (2019). Strategi Pengembangan Umbi Mini Bawang Merah True Shallot Seed Di Kabupaten Grobogan. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2).

Novitha, H., Triana, L., Suryaningrat, & Bagus, I. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. 13(1).

Osterwalder, Pigneur, A., Smith, Y., & Movement, A. (2012). Business Model Generation. PPT Elex Media Komputindo.

Permatasari, N., & Nugroho, T. R. D. A. (2021). Analisis Kelayakan Finansial dan Strategi Pemasaran pada UD . Abiyon Jaya di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience, 2(2), 332–344.

Putra, I. G. N. A. B. (2017). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada UD. Kacang Sari Di Desa Tamblang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2).

Putra, I. P., & Prabawani, B. (2021). Analisis Pengembangan Bisnis Indofishery Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan Blue Ocean Strategy (BOS). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1).

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2).

Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus Hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus pada CV. OAG di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1).

Ruslan, J. A., Firdaus, M., & . S. (2016). Transmisi Harga Asimetri Dalam Rantai Pasok Bawang Merah Dan Hubungannya Dengan Impor Di Indonesia: Studi Kasus Di Brebes Dan Jakarta. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 10(1).

Sancoko, A. H. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Makanan Dan Minuman Pada Depot Time To Eat Surabaya. Agora, 3(1).

Saptana, Indraningsih, K. S., & Hastuti, E. L. (2007). Analisis Kelembagaan Kemitraan Usaha Di Sentra Sentra Produksi Sayuran (Suatu Kajian Atas Kasus Kelembagaan Kemitraan Usaha Di Bali, Sumatera Utara, Dan Jawa Barat). SOCA: Socioeconomics of Agriculture and Agribusiness, 7(3).

Sari, Y., & Gultom, A. W. (2020). Marketing Strategy in an effort to Increase Competitive Advantage in Small and Medium Enterprises in OKU Regency. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(2).

Solihah, E., Hubeis, A. V. S., & Maulana, A. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Knm Fish Farm Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 9(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Journal Management, Business, and Accounting, 19(3).

Wadu, J., & Linda, A. M. (2020). Strategi Pengembangan Usahatani Bawang Merah Di Kelurahan Malumbi, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 8(3).

Widayanto, M. T., Pujiastuti, A., Yatiningrum, A., Tumini, & Rahma Dhany, U. (2020). Sosialisasi Pentingnya Legalitas Usaha Dan Penjualan Online Untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2).

Yashinta, A. (2016). Model bisnis E-commerce Produk Pertanian (Studi kasus pada PT. Limakilo Maju Bersama petani). Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 1(2).

Zulkarnain, Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada PT Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License