Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan dan Harga Melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta

Annis Muthia Arifani, Indah Widowati, Ni Made Suyastiri Yani Permai

Abstract


Peningkatan permintaan pada tanaman anggrek membuat usaha pada bidang ini mengalami perkembangan. Perkembangan usaha pada sektor tanaman anggrek menyebabkan persaingan yang ketat diantara pelaku usahanya, serta menyebabkan pelanggan menjadi lebih selektif dalam memilih produk. Maka dari itu, penting untuk mempelajari kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis tingkat loyalitas pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta; 2) Menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Kriteria responden yang digunakan yakni telah melakukan pembelian anggrek di Titi Orchids minimal 2 kali untuk dikonsumsi sendiri dan pelanggan berada pada usia produktif 15 - 64 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Analisis Deskriptifdan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat loyalitas pelanggan di Titi Orchids berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 79,80%; 2) Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening mempengaruhi loyalitas pelanggan di Titi Orchids baik secara langsung maupun secara tidak langsung.


Keywords


Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D.,P., Kumadji, S., & Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37(1), 171-177. Diakses dari URL : https://media.neliti.com/media/publications/87178-ID-pengaruh-kualitas-produk-terhadap-kepuas.pdf

Aryani, D & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 17(2), 114 – 126, DOI: 10.20476/jbb.v17i2.632

Budiono, Aris. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 17(2), 1-15, DOI: 10.25134/equi.v17i02.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Cetakan Kedua. Yogyakarta. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hasanah, Nur & Lubis, Sulaimain. 2017. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Cv. Paris Garden Medan. Jurnal PLANS Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis. 12(1), 177-185. Diakses dari URL : https://docplayer.info/94771320-Analisis-pengaruh-harga-kualitas-produk-dan-gaya-hidup-terhadap-keputusan-pembelian-tanaman-hias-pada-cv-paris-garden-medan.html

Hidayati, Nurul. 2014. Preferensi Konsumen Dan Pengaruh Kualitas Produk Sayuran Organik Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Tesis, Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/ 71102

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Principle Of Marketing 12th Edition. Prinsip-prinsip Pemasaran (12th Ed). Ahli Bahasa: Sabran, Bob. Jakarta: Erlangga.

Li M., & Green R. (2012). A mediating influence on customer loyalty: The role of perceived value. Journal of Management and Marketing Research. 7(1), 1–12. Diakses dari URL : http://www.aabri.com/manuscripts/10627.pdf

Nuseir, M.T., & Madanat, H. (2015). 4Ps: A Strategy to Secure Customers’ Loyalty via Customer Satisfaction. International Journal of Marketing Studies. 7(4), 78-87, DOI:10.5539/ijms.v7n4p78.

Riduwan, & Kuncoro, E.,A. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta

Rodli, A.,F., & Khalimah, S. 2021. Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Tanaman Hias Di“Pasar Puspa Agro Sidoarjo. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA. 3(2), 303-315. Diakses dari URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php /iqtisad/article/view/940/823

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Yudha, I.,G.,B.,K.,W., & Yulianthini, N.,N. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Bunga Pertiwi Cabang Sulanyah. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 9(2), 293-299, DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.32689.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.14225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License