Preferensi Konsumen dalam Membeli Keripik Singkong di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan

Luthfan Pangestu, Elys Fauziyah, Sri Ratna Triyasari

Abstract


Permasalahan yang dihadapi produsen keripik singkong adalah mereka memiliki banyak pesaing yang menghasilkan produk sejenis, dengan berbagai macam merek. Oleh karena itu sangat penting bagi produsen untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keripik singkong. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  kombinasi level atribut dan atribut keripik singkong yang paling disukai  konsumen di daerah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 40 orang. Tujuan dianalisis dengan menggunakan analisis konjoin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika kombinasi atribut yang paling menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam membeli keripik singkong adalah rasa pedas manis, bentuk memanjang, ketebalan tipis, tekstur renyah, ukuran besar (500g),  dan berlabel sablon. Sedangkan atribut  yang paling dipertimbangkan adalah atribut rasa.


Keywords


Preferensi Konsumen, Analisis Conjoin, Keripik Singkong

Full Text:

PDF

References


Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec. Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 8–18.

Aini, S. N., Syafi, I., & Kuntadi, E. B. (2014). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Keripik Singkong Rasa Asin di Kabupaten Bondowoso. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(1), 1–8.

Amam, Z., Fanani, & Nugroho, B. A. (2016). Analisis Sikap Konsumen terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi dengan Menggunakan Multi-Atribut dan Norma Subyektif Model. Wacana, 19(1), 1–12.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Atimura, W. O. (2017). Analisis Konjoin untuk Menentukan Karakteristik Kartu Perdana Seluler GSM yang Dipilih oleh Mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari. Skripsi pada Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Halu Oleo.

Azhari, A. (2016). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keripik Ubi Jalar di Kota Medan (Kasus: Carrefour Plaza Medan Fair). Skripsi pada Program Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Diana, & Hayati, M. (2021). Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Singkong Turbo Sakti di Kabupaten Sumenep. Agriscience, 2(1), 165–183.

Hair, J. F., Wiliam, C. B., Babin, B. J., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. Pearson Education Inc. New Jersey.

Julianisa, R. D., Safitri, D., & Yasin, H. (2016). Analisis Konjoin Full Profile dalam Pemilihan Bedak untuk Mahasiswi Departemen Statistika Universitas Diponegoro. Jurnal GAUSSIAN, 5(4), 747–756.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pemerintah, 2(2), 163–172.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2018). Luas Panen, Produksi, Produktivitas Ubi kayu menurut Provinsi 2014-2018. Retrieved from https://www.pertanian.go.id/home/?show=page&act=view&id=61

Khodijah, S., & Saino. (2014). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Kapal Roro Gili Iyang Rute Baweanpaciran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management 12th Edition, Manajemen Pemasaran Jilid 1, Terjemahan oleh Benyamin Molan, 2005. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Manafe, L. A., & Anigomang, F. R. (2021). Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerupuk pada CV. Panda Unyil Kerupuk Sidoarjo. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 81–89.

Orme, B. K. (2000). Sample Size For Conjoint Analysis.

Pasaribu, E. S. (2015). Analisis Conjoint terhadap Preferensi Konsumen pada Buah Durian (Durio zibethinus Murr.) di Kota Medan. Skripsi pada Program Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Theodory, M., Honi, B., & Sewando, P. T. (2014). Consumer Preference for Cassava Products Versus Different Processing Technologies. International Journal of Innovation and Scientific Research, 2(1), 143–151.

Tomlins, K., Sanni, Oyewole, Dipeolu, Ayinde, Adebayo, & Westby. (2007). Consumer Acceptability and Sensory Evaluation of a Fermented Cassava Product (Nigerian Fufu). Journal of the Science of Food and Agriculture, 87(10), 1949–1956.

Umikalsum. (2015). Strategi Pemasaran Usaha Industri Keripik Singkong Skala Rumah Tangga di Kelurahan Tangga Takat Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang. Jurnal Ilmiah AgrIBA, 3(1), 18–28.

Wardana, L. W. (2011). Perilaku Konsumen (Ed. 1). Universitas Negeri Gorontalo Press. Gorontalo.

Wijayanti, M. (2011). Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Pasar Tradisional Kabupaten Karanganyar. Skripsi pada Program Agrobisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Yusuf, Y. M. (2015). Pengaruh Kemasan terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa Konsumen Keripik Pedas di Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2011). Skripsi pada Program Studi Manajemen, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.14007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License