Preferensi Konsumen Jamu Kunyit Asam di Madura
Abstract
Kebiasaan meminum jamu telah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Madura. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis karakteristik responden konsumen jamu kunyit asam. 2) Menganalisis Preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian jamu kunyit asam. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan Analisis konjoin, dengan metode full profile. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen jamu kunyit asam didominasi oleh wanita, rata-rata berusia 10-25 tahun, dengan tingkat pendidikan terakhir berada pada jenjang SMA dan berprofesi sebagai Pelajar/ Mahasiswa serta memiliki pendapatan <Rp. 500.000. Atribut-atribut yang menjadi pertimbangsan dalam pembelian jamu kunyit asam adalah rasa, aroma, kemasan, warna dan harga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyoga, W., & Nurmalinda, N. (2012). Analisis Konjoin Preferensi Konsumen terhadap Atribut Produk Kentang, Bawang Merah, dan Cabai Merah. Jurnal Hortikultura, 22(3), 292–302.
Agriva, S. dan A. K. S. (2020). Persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk madu PT. Kembang Joyo. Agriscience, 1(1), 186–199.
Azkia Nurhadi, Agus Setiadi, H. S. (2018). Preferensi konsumen gula kelapa di pasar godean, kabupaten sleman, provinsi daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 359–426.
Barokah, A. (2018). Utilitas dalam Perilaku Konsumen Perspektif Nilai Keislaman. CENDEKIA, 4(2), 234–239.
Boeree. (2008). Berbagai Teori Karakteristik Manusia. Pustaka.
Byarugaba, R., Nabubuya, A., & Muyonga, J. (2020). Descriptive sensory analysis and consumer preferences of bean sauces. Food Science and Nutrition, 8, 4252–4265. https://doi.org/10.1002/fsn3.1721
Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Yogurt Drink ( Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat ). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 176–183.
Dama, S. G; Pangemanan, S. P.; Kalangi, J. K. J.; Makalew, A. (2021). Preferensi konsumen terhadap konsumsi “ ragey ” di Kota Manado. Zootec, 41(1), 71–80.
Dian Puspasari, E., Sarma, M., & Najib, M. (2017). Preferensi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Produk Puree Bayam Organik Studi Kasus Di Cv. Addin Abadi Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 27(2), 209–216. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2017.27.2.209
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Nikmah, K. (2020). Kunyit Asam (Curcuma Doemstica Val) Menurunkan Intensitas Nyeri Haid. Journals of Ners Community, 11(1), 10–17.
Fauziyah, E., & Mulyadi, A. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 3(1), 65–80.
Fibrianto, K., & Dwihindarti, M. (2016). Profiling Atribut Jamu Kunyit Asam Dan Jamu Sinom Dengan Metode RATA (Rate-All-That-Apply) Pada Beberapa Kota Di Jawa Timur. Rekapangan, 10(1), 15–22.
Helmi, B. S., Hidayat, K., & Fakhry, M. (2019). Pengaruh Undang Undang Jaminan Produk Halal Terhadap Pengembangan Produk Jamu Madura. PAMATOR, 12(2), 100–108.
Hendrawan, G. D. C. (2018). Persepsi Konsumen terhadap Pewarna Alami dan Pewarna Sintetik pada Produk Susu UHT Stoberi. Laporan Kerja Praktek.
Imami, D., Zhllima, E., Merkaj, E., Chan-Halbrendt, C., & Canavari, M. (2016). Albanian consumer preferences for the use of powder milk in cheese-making: A conjoint choice experiment. Agricultural Economics Review, 17(1), 20–33.
Kalsum, U. ; E. F. T. R. D. A. N. P. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2011), 153–162.
Lillywhite, J. M., Simonsen, J. E., & Skaggs, R. (2015). Chile consumers and their preferences toward region of production-certified chile peppers. Agricultural Experiment Station.
Lim, Yet Mee; Yap, Ching Sen; Lau, T. C. (2010). Online Search and Buying Behaviour : Malaysian Experience. Canadian Social Science, 6(4), 154–166.
Lolowang, I. R. A. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 91–110.
Nofiyati; Tamami, N. D. B. (2017). Strategi Pengembangan Pasar Otak-Otak Bandeng Di Kabupaten Gresik. Agriekonomika, 6(2), 141. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i2.2856
Permadi, R. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Sosial Economic of Agriculture, 5(2010), 36–45.
Puspitasari, Nia Budi; Afina, H. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Coca-Cola, Pepsi Dan Big Cola Di Kota Semarang Dengan Analisis Konjoin. Seminar Nasional IENACO, 603–610.
Putri, I. F., Salsabila, G., Santosa, N., Studi, P., Sejarah, I., Budaya, F. I., Airlangga, U., Lokal, K., & Ekonomi, P. (2014). Jamu Madura: Pemanfaatan Kearifan Lokal Sebagai Sarana Ekonomi Wanita Madura. Urgensi Kesadaran Sejarah Dan Pelestarian Budaya Daerah Di Era Revolusi Industri 4.0, ISBN: 978-, 189–198.
Rahayu, W. P. R. P. A. G. U. S. (2018). Ensiklopedia produk pangan indonesia jilid 2. kunyit asam (A. R. Azhar (ed.); Jilid 2, Issue September). PT Penerbit IPB Press.
Riyanto, Slamet; Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen). CV Budi Utama.
Satriyati, E. (2016). Pola Tradisi Minum Jamu : Upaya Pemertahanan Pengobatan Lokal Sebagai Identitas Masyarakat Bangkalan Madura. Dimensi, 9(2), 115–122.
Sefti, Utami; Ika, Fatmawati; Ribut, S. (2012). Preferensi Konsumen terhadap Kopi Lengkuas Cap potre. Jurnal Agribisnis, 3, 136–145.
Selmi, Asriani, S., & Saepuddin, R. (2017). Bengkulu Consumer Behavior and Loyality of Honey in Bengkulu City. Jurnal Agrisep, 16(1), 13–24.
Susanti, N. S. N. J. R. (2007). Analisis konjoin preferensi mahasiswa dalam pemilihan flash disk. E-Jurnal Statistika, 3, 14–23.
Taan, H. (2017). Buku Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja (Zahir Publishing (ed.)). Zahir Publishing.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Andi Offset.
Wijayanto, H. ; Y. A. (2007). Analisis Konjoin: Metode Full Profile Dan Cbc Untuk Menelaah Persepsi Mahasiswa Terhadap Pilihan Pekerjaan. Forum Statistika Dan Komputasi, 12(1), 8–17.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.13815
Refbacks
- There are currently no refbacks.