Instrumen Penguat BUMDes sebagai Motor Penggerak Perekonomian Berkelanjutan di Pedesaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Madura

Uswatun Hasanah, Muclisin Muclisin, Dia Ayuni, Ulfa Nurfita

Abstract


BUMDes adalah inovasi pembangunan desa yang bertujuan untuk menguatkan ekonomi masyarakat desa, namun keberhasilanya belum terlihat cukup baik di banyak desa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi, potensi, peluang, dan tantangan pengembangan BUMDes di Pulau Madura dan merumuskan instrumen yang dapat dijadikan skenario untuk menguatkan pertumbuhan BUMDes di Madura, sehingga dapat menjadi roda penggerak perkonomian desa secara berkelanjuta. . Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu kejadian nyata atau gambaran situasi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Berdasarkan penilaian responden terhadap factor internal BUMDes wilayah Madura diperoleh total skor rata-rata IFE adalah sebesar 3,139. Hal tersebut menunjukkan bahwa posisi strategi pemanfaatan BUMDes di Madura sebagai penggerak perekonomian desa berada pada kondisi rata-rata dan penilaian responden terhadap faktor eksternal BUMDes di wilayah Madura diperoleh total skor rata-rata EFE adalah sebesar 3,013. Hal tersebut menunjukkan bahwa posisi strategi pemanfaatan BUMDes di Madura sebagai penggerak perekonomian desa berada pada kondisi rata-rata. Kesimpulannya bahwa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan BumDes di Wilayah Madura berorientasi pada pemanfaatan kekuatan internal yang ada pada masing-masing BumDes.


Keywords


BUMDes, Kondisi, Potensi, Peluang, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Agunggunanto, E. Y. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, Vol. 13 No.1.

Angwarudin, D. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal ilmu-ilmu pertanian dan peternakan, Vol. 8 No. 2.

Chikamawati, Z. (2014). Peran BUMDes Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ekonomi, 65-74.

Fathoni, M. Z. (2020). Potensi Lokal Pengembangan Bisnis Desa Saat Pandemi Melanda Negeri. Jurnal Manajemen & Teknik Industri-Produksi, 53-62.

Fitriyanto, (2016). Revitalisasi Kelembagaan Bumdes Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Ketahanan Desa di Jawa Timur. Jejaring Administrasi Publik, Vol. 8, No. 2, 915-926.

Ismanto, H., & dkk. (2020). Inovatif Saat Pandemi Covid "Pelatihan Kewirausahaan Khas Perempuan Berbahan Sampah "Kolaborasi BUMDes". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 418-425.

Kurniasih, D. (2017). Kegagalan Bisnis Pemerintah Desa (studi tentang relasi bisnis-pemerintah pada pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Banyumas). Journal of public sector innovations, 66-72.

Mayu, W.I. dan Adli (2016). Faktor-Faktor Yang Menghambat Tumbuh Dan Berkembangnya Badan Usaha Milik Desa Di Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2014-2015. JOM FISIP Vol. 3 No. 2

Rahmi, V. A. (2020). Pendekatan Bisnis BUMDes Berkemajuan di Kondisi Wabah Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Enterpreneurship, 90-98.

Suprojo, F. H. (2019). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik, Vol. 8 No.4.

Wojongan, A. V. (2016). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di tengah Pandemi COVID-19. Vol. 15 No.1




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License