Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha (Studi Kasus: Produk Induk Ayam pada Peternakan Ayam H. Suratman)

Amilatun Mukhlisyoh, Amanatuz Zuhriyah

Abstract


Ayam beku merupakan produk CV Induk Ayam yang mempunyai nilai jual lebih tinggi dibandingkan ayam hidup dan daging ayam dan jumlah permintaannya kian meningkat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penambahan nilai dan strategi pengembangan usaha. Metode analisis menggunakan Hayami dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat linearitas antara kedua metode yang menujukkan nilai positif dengan rasio nilai dan nilai tambah yang tergolong pada kategori tinggi serta strategi pengembangan yang dapat diterapkan dengan pemberdayaan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang dimiliki oleh pelaku usaha.

Keywords


Metode Hayami, SWOT, Ayam Beku

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. H., & Arnila, H. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Broiler di Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Pertanian Terpadu, 7(1), 47–58.

Agung, G., Sitepu, M., & Panjaitan, F. (2018). Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha “UMKM” Jeruk Kunci Melati di Kota Pangkalpinang di Tinjau Dari Aspek Finansial. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), 24(2), 12–18.

Aji, V. P., Yudhistira, R., & Sutopo, W. (2018). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Ikan Lemuru Menggunakan Metode Hayami, 17 (1), 56–61.

Anggraeni, N., & Subari, S. (2020). Pendapatan dan nilai tambah pengolahan ubi jalar income and value added of processing purple sweet potatoes at ud ganesha pacet sub district of mojokerto district jawa timur merupakan penghasil ubi jalar terbanyak dengan hasil sebesar ganesha di kecamatan. Agriscience, 1, 429–447.

Arianti, Y. S., & Waluyati, L. R. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Merah di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 256–266.

Ashari, R. (2019). Analisi Nilai Tambah Pemasaran Ayam Broiler Di Kabupaten Lombok Utara, 3(1), 202–210.

Badan Pusat Statistik. (2019a). Produksi Daging Ayam Ras Pedaging Menurut Provinsi Broiler Meat Production by Province , 2015 - 2019 *).

Badan Pusat Statistik. (2019b). Produksi Daging Unggas Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Ternak di Provinsi Jawa Timur, 2017-2018.

Badan Pusat Statistik. (2019c). Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2019.

Butarbutar, M., Putra, A. H. P. K., Nainggolan, N. T., Sudarso, A., Fuadi, D. L., Nurbayani, … Yendrianof, D. (2020). Manajemen Pemasaran : Teori dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Daryanto, A. (2017). Daya Saing dan Rantai Nilai Inklusif Industri Peternakan (Cetakan Pe). Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Dinas Komunikasi dan Informatika. (2018). Penyusunan dan Pengumpulan Data Statistik Daerah Kabupaten Bangkalan 2018. Bangkalan.

Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan. (2019). Rekapitulasi Data Peternak Ayam Ras Pedaging (Broiler ). Bangkalan.

Ekapriyatna, I. D. G. B. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Pedaging (Broiler) Ananta Guna Di Desa Sidan Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–13.

Fahmi, I. (2017). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta Bandung.

Fitriani, A., Herlina, L., & Alim, S. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Pemeliharaan Ayam Pelung di Kabupaten Cianjur. Jurnal Peternakan Indonesia, 21(1), 34–50. https://doi.org/10.25077/jpi.21.1.34-50.2019

Hasanah, U. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen, 18(3), 141–149.

Hayami, Kawage, & Marooka. (1987). Agricultural Marketing and Processing In Upland Java. A Perspective From A Sunda Village. Bogor: CGPRT.

Hosono, K., & Yashima, Y. (2020). Competitive Advantage Factors in Vertically Diversified Brand Chicken Business : A Partial Value Chain Analysis of a Japanese Poultry Wholesaler, 54(4), 327–333.

Khaliq, T. D., Hikmawaty, Marsudi, Fahrodi, D. U., Said, N. S., & HM, R. (2018). Prospek Pengembangan Ayam Broiler Ditinjau Dari Aspek Teknis Di Kelurahan Balanipa Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal SAINTEK Peternakan Dan Perikanan, 2(1), 1–14.

Khatun, R., Ahmed, S., Hasan, A., Islam, S., & Uddin, A. S. M. A. (2016). Value Chain Analysis of Processed Poultry Products ( Egg and Meat ) in Some Selected Areas of Bangladesh. American Jurnal Of Rural Development, 4(3), 65–70.

Khoiriyah, n. R., ariyani, a. H. M., & fauziyah, e. (2012). Strategi pengembangan agroindustri kerupuk terasi(studi kasus di desa plosobuden, deket, lamongan). Agriekonomika, 1(2), 135–148.

ammad Firdaus. (2017). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Sinar Grafika Officer .

Naton, S., Radiansah, D., & Juniansyah, H. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Pisang Pada UMKM Keripik 3 Indonesia merupakan salah satu sentra produksi pisang dunia , yang memiliki 200 jenis pisang . Komoditi yang mudah rusak , memiliki kontribusi besar terhadap produksi buah-buahan nasional ,. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 135–148.

Nur’Aini, F. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif dan Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan dan Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Nurhayati, P. (2004). Nilai Tambah Produk Olahan Perikanan pada Industri Perikanan Tradisional di DKI Jakarta. Buletin Ekonomi Perikanan, V(2), 17–23.

Perwitsari, Y. P., & Soetriono. (2020). Analisa Pendapatan, Nilai Tambah, dan Strategi Pengembangan Usaha di Sentra Kerajinan Kulit Selosari Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Peternakan Indonesia, 22(3), 255–266.

Priantara, D. G. Y., Mulyani, S., & Satriawan, I. K. (2016). Analisis nilai tambah pengolahan kopi arabika kintamanibangli. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 4(4), 33–42.

Putri, A. F. B., Marimin, & Saptono, I. T. (2018). Strategy For Increasing Working Performance Of Broiler In The Integrated Poultry Industries : Study Case In Sierad Produce Co. Indonesian Journal Of Business and Entrepreneurship, 4(3), 261–272.

Simin, I. (2014). Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie Added Value Analysis Of Banana Fruit To Be Banana Chips At Sofie Home Industry. Agrotekbis, 5(2), 510–516.

Sinaga, E. K., Matondang, Z., & Sitompul, H. (2019). Statistika : Teori dan Aplikasi Pada pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Suharman. (2019). Strategi Pengembangan Industri Barang Jadi Karet. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sulindre, N., Said, D. U., & Metro, K. (2018). Strategi Pemasaran Ayam Probio (Broiler) Pada Kelompok Peternak Ayam (KPA) Berkat Usaha Bersama (BUB ) Kota Metro. Journal Of Food System and Agribusiness, 2(1), 35–54.

Tamami, N. D. B. (2013). Peluang Usaha Kuliner Khas Madura Berbahan Singkong Pada Agroindustri Krepek Tette Di Pamekasan. Agriekonomika, 1(2), 40–48.

Tamaradewi, R., Miftah, H., & Yoesdiarti, A. (2019). Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Usaha Kopi ( Coffea, Sp) Di Kelompok Tani Hutan (Kth) Cibulao Hijau Rn. Tamaradewi. Agribisains, 5(2).

Umar, H. (2002). Strategic Management In Action Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R.Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umaroh, R., & Vinantia, A. (2019). Analisis Konsumsi Protein Hewani pada Rumah Tangga Indonesia Analysis of Animal Protein Consumption in Indonesia Households Pendahuluan, (1), 22–32.

Widyantara, I. N. P., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug , Kabupaten Karangasem). E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3766–3793.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License