Analisis Kelayakan Finansial dan Strategi Pemasaran pada UD. Abiyon Jaya di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan

Ninda Permatasari, Taufik Rizal D. A Nugroho

Abstract


UD. Abiyon Jaya merupakan industri rumahan yang menghasilkan kerupuk ikan dengan memanfaatkan tiga jenis ikan sebagai bahan baku utama yang berlokasi di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan finansial serta strategi pemasaran. Metode yang digunakan meliputi kelayakan finansial menggunakan Net Present Value (NPV), B/C Ratio, Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP), sedangkan strategi pemasaran meliputi Segmenting, Targeting dan Positioning. Hasil analisis kelayakan finansial menunjukkan nilai NPV sebesar Rp. 460.395, nilai B/C Ratio sebesar 0,28, nilai IRR sebesar 10,73% dan nilai payback period yaitu 3 tahun 8 bulan. Strategi pemasaran mencakup segmentasi geografis, demografis dan psikografis serta target pemasaran seluruh segmen pasar yang berada di wilayah Madura dan luar Madura, namun terdapat hambatan.UD. Abiyon Jaya memposisikan sebagai kerupuk ikan yang memiliki rasa yang khas dengan harga terjangkau serta menjaga kualitas dan mutu produk.


Keywords


Kelayakan Bisnis, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Artaman, D. M. A. (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 02, 87–105.

Badan Pusat Statistik. (2019). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Berdasarkan Hasil Susenas Maret 2019. Badan Pusat Statistik (Vol. 1).

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangkalan 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan. (2015). Statistik Daerah Kecamatan Socah. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.

Badan Pusat Statistik KabupatenBangkalan. (2015). Kabupaten BANGKALAN DALAM ANGKA Bangkalan Regency in Figures. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan.

Durri, A., Saifi, M., & Azizah, D. (2016). Analisis Kelayakan Usaha Dalam Rangka Rencana Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada PO. Zena Pariwisata Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(2), 174–180.

Firdaus, M. (2017). Manajemen Agribisnis. (F. Yustianti, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, M., Affandi, M. I., & Nugraha, A. (2013). Analisis Finansial Dan Sensitivitas Agroindustri Emping Melinjo Skala Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(2), 174–180. Retrieved from http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JIA/article/view/245

Hammad Akram, & Tinaprilla, N. (2020). Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan Lele Clipss Catfish Chips Di Kota Bogor. Forum Agribisnis, 10(2), 95–105. https://doi.org/10.29244/fagb.10.2.95-105

Handjojo, E. S., Syarief, R., & Sugiyono, -. (2017). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papua (Vernonia amygdalina). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 145–150. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.145-150

Hastinawati, I., & Rum, M. (2012). Keragaan Agroindustri Kerupuk Udang Di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 1(April), 15–24.

Ibnu Sajari, Elfiana, M. (2017). Analisis Kelayakan Usaha Keripik Pada UD. Mawar Di Gampong Batee IE Liek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S.Pertanian, 1(2), 116–124.

Ikhwan, M., Agusliani, E., & Sofia, L. A. (2019). Diversification Of Processed Fish Product : Financial Feasibility Crackers Processing Of Snakehead ( Channa Striata ). IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT), 13(2), 25–29. https://doi.org/10.9790/2402-1302022529

Investment Kabupaten Bangkalan. (2018). Potensi Unggulan Kab. Bangkalan.

Kholil, Muhammad dan ramadhani, R. A. (2017). Analisis Kelayakan Investasi Workshop Pembuatan Spare Parts Mesin Industri Dengan Menggunakan Metode Kriteria Investasi. Journal of Industrial Engineering and Management System, 8(9), 1–58.

Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 324. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13583

Kusuma, P. T. W. . (2012). Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Nata De Coco Di Sumedang, Jawa Barat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(2), 113–120.

Lahandu, S. A., Antara, M., & Muis, A. (2016). Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. E-Jurnal Agrotekbis, 4(5), 604–611.

Nurlaila, H. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86.

Pahlevi, R., Zakaria, W. A., & Kalsum, U. (2014). Analisis Kelayakan Usaha agroindustri Kopi Luwak di Kecamatan Balik Bukit Kabulapen Lampung Barat. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 2(1), 48–55.

Purba, Y., Yusri, J., & Yulida, R. (2010). Analisis Kelayakan Finansial Agroindustri Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Indonesian Journal of Agricultural (IJAE), 2, 97–119.

Purnatiyo, D. (2011). Analisis Kelayakan Investasi Alat Dna Real Time Thermal Cycler (Rt-Pcr) Untuk Pengujian Gelatin. Jurnal PASTI, VIII(1), 6–14. https://doi.org/10.3109/9780203997352.224

Ruminta, D. (2020). Analisis Perbandingan Perhitungan Kelayakan Finansial Konvensional dan Syariah Darkiman. INVENTORY : Jurnal Akuntansi, 4(2), 166–174.

Said, Miah dan Saleh, M. Y. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. (Sobirin, Ed.) (1st ed.). Makassar: CV Sah Media.

Septrizola, W., & Rasyad, F. H. S. (2020). Improving the Marketing Strategy MSMEs of Cassava Crackers in Muaro Paneh Village Bukit Sundi District Solok Regency. Advances in Economics, Business and Management Research, 152, 618–621. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.069

Sopiyan, A, R. (2012). Kalkulasi investasi pembangunan wisata air di palembang. Eksistansi, IV(1), 452–463.

Suhardi, & Subari, S. (2020). Analisis Usaha dan Nilai Tambah Kopi Cabe Jamu di Kabupaten Sumenep (Studi Kasus CV. Alifa Jaya, Kecamatan Bluto). Agiscience, 1(1), 200–218.

Syafar, M. N., & Lamusa, A. (2015). Analisis Pendapatan Usaha Abon Ikan Tenggiri Pada Industri Rumah Tangga “Althaf Food” Di Kota Palu. E-Journal Agrotekbis, 3(2), 255–260.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Ajie (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 1(3), 175–190. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2

Zulfahmi, Nova A., Fronthea, Swastawati., R. (2015). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. Jurnal Pengolahan Dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 3(4), 25–32.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License