SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK SINGKONG TURBO SAKTI DI KABUPATEN SUMENEP

Diana Diana, Mardiyah Hayati

Abstract


Keripik singkong merupakan makanan ringan yang banyak diproduksi oleh UMKM di Kabupaten Sumenep, sehingga memunculkan persaingan yang ketat antar pelaku usaha keripik singkong. Adanya persaingan yang semakin ketat, menuntut UMKM Turbo Sakti yang bergerak sebagai produsen keripik singkong untuk mengetahui sikap dan kepuasan konsumen. Penelitian ini betujuan untuk memahami karakteristik konsumen, sikap konsumen terhadap atribut-atribut keripik singkong Turbo Sakti, dan tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, multiatribut fishbein, serta customer satisfaction index (CSI). Hasil yang diperoleh menujukkan bahwa karakteristik konsumen keripik singkong Turbo Sakti adalah perempuan dengan usia < 25 tahun, memiliki jumlah anggota keluarga 4-6 orang, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa, berstatus belum menikah dengan pendidikan D3/S1 dan memiliki pendapatan per bulan < Rp. 500.000. Sikap konsumen terhadap atribut keripik singkong Turbo Sakti rata-rata memiliki sikap yang positif dan atribut yang paling diutamakan adalah rasa. Kepuasan konsumen terhadap keripik singkong Turbo Sakti adalah puas.

Full Text:

PDF

References


Aini, S. N., Syafi, I., & Kuntadi, E. B. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Keripik Singkong Rasa Asin Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Berkala Ilmu Pertanian, 1(1), 1–8.

Amam, P. A. H. dan. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Singkong. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 3(1), 19–27.

Andilla, Y. (2011). Analisis Sikap Konsumen Dalam Membeli Sayuran Segar Di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (Bsd) Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri.

Annunziata, A., & Scarpato, D. (2014). Factors Affecting Consumer Attitudes Towards Food Products With Sustainable Attributes. Agric Econ, 1(8), 353–363.

Badan Pusat Statistik. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Badan Pusat Statistik.

Fahmi, R. R., & Hayati, M. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Beras UD. Sovi Jaya di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1(2), 487–506.

Firmansah, M. . (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fitriana, E., Indriani, Y., & Viantimala, B. (2020). Peningkatan Penjualan Keripik Pisang Setelah Memperoleh Sertifikat Halal Serta Perilaku Konsumennya di Kota Bandar Lampung. JIIA, 8(4), 649–656.

Frisdinawati, D., & Priyono, B. S. (2012). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Donat Paket Surya Bacery di Kota Bengkulu. Agrisep, 11(2), 197–203.

Haliem, B. (2020). UMKM Menjadi Elemen Penting Pemulihan Ekonomi di Jawa Timur. Diakses tanggal 30 Desember 2020.

Hayati, M. (2009). Manajemen Pemasaran Emping Singkong (Keripik Tette) di Kabupaten Pamekasan. EMBRYO, 6(2), 161–168.

Herista, M. I. S. (2019). Analisis Multiatribut Model Fishbein Terhadap Buah Jeruk (Studi Kasus Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung). Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(2), 32–44.

Hermawan, B. D. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Olahan Produk Pentol Tahu di Desa Poja Kecamatan Gapura (Studi Kasus : Pentol Tahu Milik Bapak Sanin). Prosiding. Seminar Nasional Optimalisasi Sumberdaya Lokal di Era Revolusi Industri 4.0, 559-564.

Ilhamudin, H. M., Nururly, S., & Rusminah. (2019). Sikap Konsumen Terhadap Tahu Abian Tubuh Sebagai Produk Unggulan Sektor Makanan Kota Mataram. Jurnal Magister Manajemen Unram, 8(1), 35–45.

Indrajaya, D. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index pada Ukm Gallery. Jurnal IKRA-ITH Teknologi Vol, 2(3), 1–6.

Ismanto, A., Julianda, T., & Mursidah. (2018). Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Karkas Ayam Pedaging Segar di Pasar Tradisional Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis, 8(2), 71–82.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162.

Kartikasari, R. D., Handayani, M. T., & Fatin, N. H. (2020). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Pepaya di Pasar Tradisional Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Agrineca, 20(2), 104–111.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Optimalkan Agroindustri, Pemerintah Sinergikan Industri dan Pertanian. Diakses tanggal 23 Desember 2020.

Lalor, F., Madden, C., Mckenzie, K., & Wall, P. G. (2011). Health Claims On Foodstuffs: A Focus Group Study Of Consumer Attitudes. Journal of Functional Foods, 3(1), 56–59. https://doi.org/10.1016/j.jff.2011.02.001

Marbun, D., Priyono, B. S., & Suryanti, M. (2015). Analisis Persepsi , Sikap dan Perilaku Konsumen Terhadap Pancake Durian (Studi Kasus : Pancake Durian Produksi Celebrity Pancake). AGRISEP, 15(2), 215–226.

Maryani, H., Kristiana, L., & Lestari, dan W. (2017). Analisis Multiatribut Fishbein terhadap Jamu Saintifik (Studi Kasus di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar dan Puskesmas Colomadu I Karanganyar). Media Litbangkes, 27(2), 89–98.

Maya, Y. T., & Hamka. (2017). Analisis Kepuasan Konsumen Roti (Studi Kasus pada Golden Bakery di Ternate). Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan, 10(1), 51–59.

Pratama, D. Y., Indriani, Y., & Endaryanto, T. (2017). Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Konsumsi Makanan Pecel Lele di Kota Bandar Lampung. JIIA, 5(2), 200–205.

Puspita, W., & Nugrahani, R. (2014). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Mengenai Atribut Obat Herbal Merek Tolak Angin Sido Muncul di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 13(1), 15–24.

Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen : Evaluasi Dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 159–177.

Qomariyah, N., Santoso, I., & Effendi, M. (2014). Analisis Sikap Konsumen dan Kinerja Atribut Kopi Bubuk Sido Luhur. (Studi Kasus di Ukm Kopi Bubuk Sido Luhur, Kota Malang). Jurnal Industria, 3(1), 53–61.

Resma, P. S., Santoso, I., & Anggraini, S. (2013). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Keripik Mang Ampung dengan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. In Skripsi. Universitas Brawijaya.

RI, D. K. (2009). Klasifikasi Umur Menurut Kategori. Ditjen Yankes.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rosalina, D., & Zati, M. R. (2019). Analisis Daya Saing Jeruk Lokal Terhadap Jeruk Impor di Kabupaten Tanah Karo. Jurnal Samudra Ekonomka, 3(1), 26–33.

Sartika, D., & Basriani, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. INOVASI, 14(2), 84–97.

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stolz, H., Stolze, M., Hamm, U., Janssen, M., & Ruto, E. (2011). Consumer Attitudes Towards Organic Versus Conventional Food With Specific Quality Attributes. NJAS - Wageningen Journal of Life Sciences, 58(1), 67–72. https://doi.org/10.1016/j.njas.2010.10.002

Suripatty, M. P., & Tantoly, M. (2019). Keputusan Konsumen dalam Pembelian Buah – Buahan di Pasar Mardika Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(3), 299–314.

Suworo. (2019). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Produk Smartphone Samsung dan Oppo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B). JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(1), 67–81.

Ulya, M., & Hidayat, K. (2018). Identifikasi Peluang Produksi Bersih pada Industri Keripik Singkong. REKA PANGAN, 12(1), 78–82.

Utami, N. A., & Tamami, N. D. (2020). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Batik Tulis di Pamekasan. Agriscience, 1(1), 260–271.

Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza dengan Metode Fishbein di Depok. Jurnal Humaniora, 19(1), 107–112.

Yolanda, V., Suyono, & Wijayanti, I. K. E. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Salak Kabupaten Sleman Yogaykarta. Forum Agribisnis, 10(2), 131–144.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License