HUBUNGAN PERSEPSI RISIKO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAKANAN INSTAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Dian Akbarani Sahira, Elys Fauziyah

Abstract


Pembelian makanan instan secara online meningkat pada masa pandemi Corana Virus (Covid) 19.  Transaksi secara online memiliki banyak risiko. Persepsi risiko konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi risiko pembelian online pada makanan instan dan menganalisis hubungan antara persepsi risiko dengan keputusan pembeliannya. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif dan uji korelasi Kendall’s tau-b, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebagian besar responden mempersepsikan pembelian makanan instan online memiliki risiko fungsional, fisik, waktu, dan sosial. Selanjutnya terdapat hubungan yang sangat lemah antara persepsi risiko konsumen dengan keputusan pembelian makanan instan secara online.

 

Kata kunci: Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian Online, Makanan Instan


Full Text:

PDF

References


Annur, Cindy Mutia. 2020. Kenali Maraknya Penipuan Online saat Pandemi. https://katadata.co.id/0/analisisdata/5f7c5da0cc927/kenali-maraknya-penipuan-online-saat-pandemi. Diakses tanggal 16 Desember 2020

Arshad, A., Zafar, M., Fatima, I., & Khan, S. K. (2020). The Impact of Perceived Risk on Consumers’ Cross-Platform Buying Behavior. International Journal of New Technology and Research (IJNTR), 11(8), 13–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.592246

Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. Journal of Information and Computer Technology Education, 1(April), 1–7.

Churiyah, M., & Hagayuna, D. (2007). Faktor-Faktor Yang Menentukan Perilaku Pembelian Mie Instan Merk Sedaap. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(Vol.3 no.3), 228–236. https://media.neliti.com/media/publications/77630-ID-faktor-faktor-yang-menentukan-perilaku-p.pdf

Disastra, G. M., & Wulandari, A. (2016). Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna mataharimall.com di Bandung Tahun 2016). 740–750.

Erlyana, Y., & Nadya, N. (2018). Analisis Desain Kemasan Mi Instan Edisi Khusus Indomie Tempo Doloe. Titik Imaji, 1(1). https://doi.org/10.30813/.v1i1.1087

Fajarratri, D. A. (2011). Studi Mengenai Persepsi Resiko (Perceived Risk) Terhadap Minat Beli Online Shopping (Kasus Pada Toko Online Www.Kaskus.Com). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2), 111–127. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i3.270

Gusmania, Y., & Nuryuliana, E. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Nilai Try Out Ujian Nasional Matematika Tingkat Diknas Kota Batam Siswa Kelas Ix Smp Baptis Batam. Pythagoras, 5(April), 1–5.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Inonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 183–195. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155

Iriani, S. S., & Andjarwati, A. L. (2020). Analysis of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Risk Toward Online Shopping in the Era of Covid-19 Pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 313–320.

Jati, Anggoro Suryo. 2020. Penjualan Produk Makanan dan Minuman di e-Commerce Melesat. https://inet.detik.com/business/d-4989187/penjualan-produk-makanan-dan-minuman-di-e-commerce-melesat. Diakses 3 Februari 2021

Jayani, Dwi Hadya. 2021. Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun pada 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020#. Diakses 8 Juli 2021

Karmila, S. (2020). Hubungan Terpaan Informasi Makanan Pada Media Sosial Instagram Dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswa Di Universitas Sumatera Utara Tahun 2019. In Tesis.

Mardanugraha, E., Wadhani, S., Ismayadi, B., Bergkamp, D., & Yappy, B. (2014). Dampak Ekonomi Pemalsuan Di Indonesia. Holding Company Universitas Indonesia, 27–29.

Nugroho, S., Akbar, S., & Vusvitasari, R. (2008). Kajian Hubungan Koefisien Korelasi Pearson (r), Spearman-rho (ρ), Kendall-Tau (τ), Gamma (G) , dan Somers ( yx d). GRADIEN : Jurnal Ilmiah MIPA, 4(2), 372–381. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/gradien/article/view/279

Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages. Jurnal Manajemen Bisnis, 33(2), 1–6.

Pujiah, I. A., & Fatmawati, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Yang Gagal Terhadap Respon Perilaku Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(1), 1. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i1.2408

Resa, N. A. (2019). Kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Ilmu Manajemen Volume, 7(4), 1029–1036.

Resista, V. (2018). Faktor-Faktor Risiko Risiko Dalam Perusahaan Jasa Pengiriman. Jurnal Logistik Indonesia, 1(1), 68–76. https://doi.org/10.31334/jli.v1i1.128

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian secara Online Pada Generasi Z Indonesia. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 11(3), 231–242.

Simarmata, M. Y., Taufik, E. ., & Damarwulan, L. M. (2021). Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Pendahuluan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 5(1), 33–47.

Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1–10.

Tangesow, N., & Tumbel, A. L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Unsrat 2014). Jurnal EMBA, 7(3), 3468–3477.

Triwidyastika, A. (2012). Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat dan persepsi resiko terhadap sikap pada Belanja Online Di D’Shetwo Boutique. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Wardani, Agustin Setyo. 2020. HEADLINE: Marak Penipuan Online Shop di Medsos, Hati-Hati Modusnya Makin Canggih. https://www.liputan6.com/tekno/read/4157301/headline-marak-penipuan-online-shop-di-medsos-hati-hati-modusnya-makin-canggih. Diakses tanggal 16 Desember 2020

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1), 90–104.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License