gajahslot mariatogel airbet robopragma wajik77 mposlot https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/ https://journal.parahikma.ac.id/juaraslot/ https://jurnalbening.uho.ac.id/pages/tm/ http://adj.fkg.unand.ac.id/lib/pkp/alexistoto/ http://inomet.ft.unand.ac.id/locale/bento/ https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/ https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/ https://jurnalbening.uho.ac.id/lib/pkp/bni4d/ https://job.uho.ac.id/lib/pkp/btn4d/ paito hk https://jpi.faterna.unand.ac.id/help/slot99/ ronaldo slot slot gacor malam ini https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/ slot garansi kekalahan slot deposit pulsa indosat slot demo Sbotop alexabet https://siapadia.riau.go.id/dist/mpo-gacor/ Analisis Kelayakan Finansial Usaha Keripik Singkong di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep | Isa | AGRISCIENCE

Analisis Kelayakan Finansial Usaha Keripik Singkong di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep

Zulfa Nur Isa, Amanatuz Zuhriyah

Abstract


Permasalahan umum yang dihadapi UMKM yaitu dalam hal finansial. UD. Navisa merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam usaha keripik singkong di Kecamatan Saronggi juga tidak lepas dari masalah tersebut, yaitu dalam hal fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu manajemen pemasaran dan tingkat aspek finansial, serta fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu penawaran dan permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fluktuasi pendapatan tersebut. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif pada manajemen pemasaran, penawaran dan permintaan, serta analisis kelayakan finansial menggunakan kriteria investasi R/C ratio, NPV, IRR, dan PP. Hasil analisis yang disebabkan faktor internal yaitu pengelompokan dan target pasar tertuju pada toko kelontong dan minimarket Basmalah di wilayah Madura dan Surabaya, hasil penelitian kriteria investasi menunjukkan bahwa nilai R/C ratio sebesar 1,75, nilai NPV sebesar Rp. 1.367.850.000, nilai IRR sebesar 54,13% dan nilai PP yaitu 17 bulan. Hasil analisis yang disebabkan faktor eksternal menunjukkan bahwa permintaan dan penawaran pada UD. Navisa menyebabkan fluktuasi pendapatan karena pengaruh kenaikan harga dan kebutuhan pokok.

Keywords


Kelayakan Finansial, Manajemen Pemasaran, Penawaran, Permintaan, Keripik Singkong

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., & Subari, S. (2020). Pendapatan dan Nilai Tambah Pengolahan Ubi Jalar Ungu di UD. Ganesha Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Agriscience, 1(2), 429–447.

Anjelisa, Mananeke, L., & Rogi, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bp-Smart Protection Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 4073–4082. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21970

Aqmarina, D. T., Turgarini, D., & Fajri, I. (2019). Feasibility Study of Bu Nia’s Traditional Herbal Drink Business in Depok City. Gastronomy Tourism Journal, 6(1), 83–98.

Arta, S., Munajat, & Rosmawati, H. (2017). Analisis Elastisitas Permintaan Konsumen Terhadap Produk dan Harga Keripik pada UKM di Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu. 43–49.

Astina, S. T., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2016). Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing melalui Strategi Pemasaran di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 57–66.

BPS. (2019). Kecamatan Saronggi dalam Angka 2019.

Contreras, F. L., & Ramos, M. L. Z. (2016). What is Marketing? A Study on Marketing Managers ’ Perception of the Definition of Marketing. Forum Empresarial, 21(1), 49–69.

Dirga, S. (2018). Analisis Kelayakan Investasi menggunakan Metoda Discounted Cash Flow Tambang Galena PT.Triple Eight Energy, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Ellitan, L. (2018). Micro and Small Business Empowerment Trough Improvement of Financial and Marketing Management. International Journal of Research for Innovative Research in Multidiscipinary, 3(10), 146–151.

Halid, A., Muhtar, M., & Mokodompit, S. Y. (2017). Financial Feasibility Analysis, Small Business Farm Beef Cattle Livestock in Gorontalo District. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.22437/ppd.v5i2.4422

Harsalim, R. R., & Sugiharto, D. S. M. . (2015). Analisis Pengaruh Product Quality, Price dan Promotion terhadap Purchase Intention Mobil Toyota Alphard di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–11.

Ifrani, & Safitri, N. (2020). Perizinan Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Melakukan Pencemaran Lingkungan. Al’Adl, XII(2), 145–160.

Makmur, A., Budimawan, & Salengke. (2020). Feasibility and Development Strategy of Milkfish (Chanos Chanos) Processing at Small Industries in Pangkep District. The 3rd International Symposium Marine and Fisheries (ISMF) 2020, 1–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/564/1/012043

Mariam, A. B. P., Antara, M., & Damayanti, L. (2015). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Keripik Ubi Kayu pada Industri Pundi Masdi Kota Palu. E-J Agrotekbis, 3(3), 402–408.

Martanto. (2016). Kajian Aspek Teknis dan Finasial Usaha Rumah Tangga Briket Biomassa dari Kulit Nipah dengan Tempurung Kelapa. Agriekonomika, 5(1), 94–102. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v5i1.1321

Nauli, I. M., Yusmini, & Edwina, S. (2013). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Franchise O’chicken di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis, 20(2), 169–180.

Proboningrum, A. K., & Sutanto, J. E. (2020). Feasibility Analysis on Development of the Company Debali in Jakarta. International Journal of Economics, Business and Management Research, 4(10), 205–212.

Rosalina, S., & Subagio, H. (2016). Analisi Pengeruh Produk Product Image terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Intevening pada Blesscon PT. Superior Prima Sukses. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–11.

Roziq, A., Saleh, M., & Hisamuddin, N. (2016). Analysis of Business Feasibility of Cassava Chips and Cassava Tape, Financing and Marketing Strategies for Entrepreneurial Cassava Farmers in Jember Regency. International Refereed Research Journal, VII(3), 54–63. https://doi.org/10.18843/rwjasc/v7i3/07

Ruswaji, & Cahyono, P. (2020). Analysis of Business Feasibility of Banana Chips. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 4(2), 197–200. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2503

Septarinia, D. F., & Manuhutu, F. Y. (2020). Analysis of Home Industry Development Based on Cost Accounting in Merauke Regency Papua. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 50(2), 166–179.

Siswanti, D. (2016). Analisis Cash Flow sebagai Alat untuk Menilai Kelayakan Usaha pada Peternakan Ayam Petelur Sumber Rejrki Mkmur Ponggok Blitar.

Sondakh, E., Kaunang, R., & Pangemanan, P. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Beras dalam Menghadapi Fluktuasi Harga di Kota Manado. ASE, 12(1A), 103–120.

Srikalimah, & Malikah, R. (2019). Analysis of Feasibility Studies of Processing and Packaging of Honey: Case Study in the CV Cakra Surya Nusantara. International Conference of Interdisciplinary Sciences No., 3, 17–28. https://doi.org/10.32503/prosidingseminar.v0i0.3

Sudarto, N., & Inggriantara, A. (2020). Business Strategy for PT Finansindo Mikro Facing Competition in Microfinance Business. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 3(11), 121–124. https://doi.org/10.47607/ijresm.2020.386

Sudiartini, N. W. A., Astari, A. A. E., Kardini, N. L., & Dhani, Y. R. (2020). The Feasibility Study Of Coffee House Business Opportunity In COVID-19 Pandemic: A Case Study At Kulo Coffee Shop Pemogan. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(5), 38–45. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n5.966

Thamrin, M., Ritawiyati, & Maryanti, S. (2018). Studi Kelayakan Usaha Keripik Singkong Kelompok Tani Desa Lembah Sari Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru ditinjau dari Aspek Keuangan. Jurnal Daya Saing, 4(2), 186–193.

Ulya, M., & Hidayat, K. (2018). Identifikasi Peluang Produksi Bersih Pada Industri Keripik Singkong. Jurnal Teknologi Pangan, 12(1), 78–82. https://doi.org/10.33005/jtp.v12i1.1104

Widjaya, P. G. (2017). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix pada PT. Murni Jaya. AGORA, 5(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.11136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License