Analisis Preferensi Konsumen Kopi di Lingkungan Akademik Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Pada Era Revolusi Industri 4.0

Wachdijono Wachdijono, Umi Trisnaningsih, Siti Wahyuni

Abstract


Preferensi konsumen menunjukkan tingkat kesukaan seseorang terhadap suatu produk dan penentuan kesukaannya berdasarkan atribut-atribut yang ada pada produk tersebut.  Namun demikian, diantara atribut-atribut selalu ada yang paling dipertimbangkan sebagai dasar pengambilan keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keseluruhan atribut pada produk minuman kopi saset dan mengetahui atribut mana yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memutuskan pembeliannya pada era revolusi industri 4.0.  Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, di lingkungan akademik kampus 1 Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon dan waktu penelitian selama bulan Januari–April  2019.  Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian survai. Populasi penelitiannya pegawai, dosen dan mahasiswa yang minum kopi dalam menjalani tugas hariannya. Jumlah sampel ditentukan secara sengaja 50 orang dan penarikannya secara acak quota. Analisis data menggunakan kaidah penghitungan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan, preferensi konsumen terhadap keseluruhan atribut  pada produk minuman kopi saset adalah suka dan  atribut yang paling dipertimbangkannya  adalah merek. Disarankan, pihak pemasar menjual produk minuman kopi saset dengan atributnya yang paling dipertimbangkan  konsumen yaitu merek (kopi merek Good Day) agar omset penjualannya meningkat, sedangkan kepada produsen/industri kopi untuk menguatkan  branding yang positif  agar produknya selalu disukai konsumen pada era revolusi industri 4.0.

Keywords


4.0, atribut, merek, preferensi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Sitti & Yahya Hiola. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Ayam Di Kota Makassar. Jurnal Galung Tropika, 6 (3) 174 – 184.

Anonim. (2018). https://blog.danabijak.com/rekomendasi-kedai-kopi-enak-dan-murah-di-pulau-jawa/

Anonim. (2019). (https://mieagoblog.blogspot.com/2013/08/kopi-instan-cappuccino-good-day-kopi.html

Anwar, Hairul. (2019). 10 skills untuk menghadapi era industri 4.0. https://beritajatim.com/postingan-anda/ini-ten-skills-di-era-industri-4-0/

Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) (2017)

Dhini, Pauline. 2018. Menakar kesiapan sektor pertanian di era revolusi industri 4.0”. HKTI On line. http://www.hkti.online/berita/menakar-kesiapan-sektor-pertanian-di-era-revolusi-industri-4-0/

Dzuhrinia, Audy & Trisna Insan Noor. (2017). Analisis Preferensi Petani Terhadap Atribut Benih Kedelai (Glycinemax L) di Kec. Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh Volume 4 Nomor 2, Mei 2017, 188 – 196.

Durevall, Dick. (2005). Demand for Coffee: The Role of Prices, Preferences and Market Power.Working Paper in Economics No. 162. Department of Economics School of Economics and Commercial Law Göteborg University Sweden. https://www.researchgate.net/publication/5094816_Demand_for_Coffee_The_Role_of_Prices_Preferences_and_Market_Power

Gilarso, T. (2007). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanisius.

Halim, Beatrice Clementia, Diah Dharmayanti dan Ritzky Karina M.R. Brahmana, Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota. Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-11

Hamdan, Dani & Aries Santani. (2018). Coffee: Karena Selera Tidak Dapat Diperdebatkan. Agromedia Pustaka. Jakarta

Hassim, Andreas. (2016). Revolusi Model Bisnis di Era Industri 4.0. Investor Daily. http://id.beritasatu.com/home/revolusi-model-bisnis-pada-era-industri-40/147399.

Indonesia (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).(2007). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v%25vi%25i.5427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License