FAKTOR PEMBEDA IMPLEMENTASI BISNIS BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE BUSINESS) PADA WIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
Abstract
Dunia wirausaha belum menjadi alternatif yang dipandang menarik bagi kebanyakan mahasiswa Indonesia sebagai pilihan karirnya untuk jangka panjang. Saat ini di Indonesia jumlah wirausaha hanya berkisar 0,18% atau 400.000 jiwa saja. Pemerintah mencanangkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sejak tahun 2009 untuk dapat mengubah pola pikir (Mindset) dari pencari kerja (Job Seeker) menjadi pencipta lapangan kerja. Program pendorong wirausaha ini didukung oleh perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Universitas Trunojoyo Madura. Namun demikian, keberlanjutan bisnis wirausaha mahasiswa ini belum memberikan hasil yang maksimal karena membangun bisnis tidak sebatas mendirikan bisnis. Hal tersebut juga erat kaitannya dengan orientasi terhadap bisnis berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembeda implementasi bisnis berkelanjutan yang dilakukan oleh wirausaha Mahasiswa di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan yakni analisis diskriminan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang membedakan implementasi bisnis berkelanjutan pada wirausaha mahasiswa adalah profit jangka panjang dan permintaan pelanggan.
DIFFERENTIATION FACTORS ON SUSTAINABLE BUSINESS IMPLEMENTATION OF STUDENTS ENTREPENEUR IN TRUNOJOYO UNIVERSITY OF MADURA
ABSTRACT
Entrepeneursip has not seen as an interesting alternative long term career by most of college students. By this time, number of entrepreneur in Indonesia ranged about 0,18% or 400.000 peoples. Government had stipulated Entreprenurial Program for College Student since 2009 to change mindset from job seeker into be job creator. This trigger program has been supported by Colleges in Indonesia, one of those is University of Trunojoyo Madura. Nevertheless continuation of business of college students has not shown maximum result yet since building business is not only about creating business. This is closely related to the orientation of sustainable business. This research aimed to find out the differentiate factor of sustainable business implementation by college students in University of Trunojoyo Madura. Method being used was discriminant analysis by using qualitative and quantitative data. Research result shown that factors differentiate the implementation of sustainable business on college students is long term profit orientation dan customer demand.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dikti. 2012. Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). http://dikti.go.id/mahasiswa/bidang-minat-bakat-danatau-keorganisasian/program-mahasiswa-wirausaha-pmw/. Diakses 20 April 2015.
Frinces, Z. Heflin. 2010. Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan 7(1): 34-57.
Hair, J.F. Jr. , Anderson, R.E., Tatham, R.L., & Black, W.C. 1998. Multivariate Data Analysis (5 th. Edition). Prentice Hall USA.
Hidayati, Dwi Ratna. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro (Micro Enterprise) KUB Bejrah Gunah Klampis Bangkalan menyatakan bahwa pasar bebas di lingkup ASEAN dapat menjadi ancaman bagi pelaku Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah. Agriekonomika 5(1): 104-112.
Patir, Sait & Mehmet K. 2010. A Field Research on Entrepreneurship Education and Determination of the Entrepreneurship Profiles of University Students. Business and Economics Research Journal 1(2): 27-44,
Puspita, Dyah A. 2015. Carbon Accounting: Apa, Mengapa dan Sudahkah Berimplikasi pada Sustainability Reporting. Jurnal JIBEKA 9(1): 29-36.
Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Vilathuvahna, A dan Taufik R D A Nugroho. 2015. Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriekonomika 4(1): 106-118.
Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Fascho Publishing.Jakarta.
Yohnson, W.T. 2003. Peranan Universitas dalam memotivasi Sarjana menjadi Young Entrepeneur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2): 97-111.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1896
Refbacks
- There are currently no refbacks.