PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT ELEKTRIK UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGERANAN 3 BANGKALAN

Winda Berlyana Permatasari, Mohammad Edy Nurtamam, Rika Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik, (2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik, (3) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran jam sudut elektrik untuk kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik menurut ahli media pembelajaran sebesar 91,25% (sangat valid), ahli desain pembelajaran sebesar 76% (valid), dan ahli materi sebesar 83% (valid). Kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik diukur dari persentase hasil angket respon siswa pada uji coba pemakaian sebesar 88,4% (sangat menarik). Keefektifan media pembelajaran diukur dari persentase hasil pada uji coba pemakaian meliputi persentase hasil observasi aktivitas guru sebesar 93,9% (sangat aktif), persentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 82,9% (aktif), dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,2% (tuntas). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran jam sudut elektrik falid, sangat menarik, dan sangat efektif.


Keywords


Penelitian Pengembangan; Media Pembelajaran Jam Sudut Elektrik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Emzir.

Sugiyono. 2014. penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4563

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widyagogik Journal indexed by:

         


Widyagogik by http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

All rights reserved p-ISSN: 2303-307X | e-ISSN: 2541-5468