PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA INDONESIA KELAS III SDN BETITING

Putri Novia Rahmawati, Sulaiman Sulaiman, Andika Adinanda Siswoyo

Abstract


Pengembangan ini dilatar belakangi adanya masalah kurang aktifnya siswa dikarenakan pembelajaran masih konvensional tanpa bantuan media pembelajaran terutama pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Dari permasalahan tersebut pengembang ingin mengembangkan media permainan scrabble berbasis macromedia flash pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kelas III SDN Betiting. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan. Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil persentase kevalidan media permainan scrabble berbasis macromedia flash menurut ahli media pembelajaran adalah 93% (sangat valid, sangat baik digunakan), menurut ahli bahasa adalah 75% (valid, boleh digunakan setelah revisi kecil), menurut ahli materi adalah 100% (sangat valid, sangat baik digunakan), menurut ahli desain pembelajaran adalah 94% (sangat valid, sangat baik digunakan), dari hasil uji coba produk ditemukan rata-rata 90%, dari hasil uji coba pemkaian diperoleh rata-rata 91%. Dapat disimpulkan bahwa media permainan scrabble berbasis macromedia flash efektif dan layak digunakan pada pembelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri.

 


Keywords


Pengembangan media permainan scrabble berbasis macromedia flash; bahasa indonesia; menulis karangan sederhana

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

El-Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Meity, H. Idris. 2015. Menjadi Pendidikan yang Menyenangkan dan Profesional. Jakarta: Luxima.

Purwanto, Ngalim 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Singarimbun, Masri, Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta :kencana

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sundayana, Rostiana. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Malang: PT Bumi Aksara

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012 . Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widyagogik Journal indexed by:

         


Widyagogik by http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

All rights reserved p-ISSN: 2303-307X | e-ISSN: 2541-5468