UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Tanti Agviola Dewi, Naniek Sulistya Wardani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematika dapat diupayakan melalui pendekatan Problem Based Learning siswa kelas II SD Negeri Blotongan 01 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan teknik tes. Instrumen penelitian adalah observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran keterampilan memecahkan masalah dan butir soal matematika materi pengukuran waktu. Teknik analisis data menggunakan analisisis diskriptif komparatif yaitu teknik untuk membandingkan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui upaya pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika, yang ditunjukkan oleh hasil ketuntasan belajar dari keterampilan memecahkan masalah matematika. Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika siklus I sebanyak 12 siswa atau  60% dari 20 siswa dan siklus II sebanyak 18 siswa atau 90% dari 20 siswa. Saran yang diberikan, diharap Guru berkomitmen untuk mendesain pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning agar keterampilan pemecahan matematika siswa kelas II SD dapat meningkat.


Keywords


Problem Based Learning; Keterampilan Pemecahan Masalah; Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hertiavi M. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 53-57.

Abbas, Nurhayatin. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction). Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana. Surabaya: UNESA.

Abdillah, Marzuki. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema Pengalamnku Subtema Pengalaman Bersama Teman Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Sintifik Metode Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 1 Karanglewas Lor Tahun Ajaran 2014/2015. Purwokerto: Digital Library UMP.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmono, sugeng. 2015. Peningkatan Keterampilan Saintifk dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri Tunggulsari Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Tema 3 Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Lampung : Digital Library Universitas Lmapung.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Heruman. 2013. Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Krulik, Stephen. Rudnick, Jesse A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Temple University.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2011. Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. (http://www.docstoc.com/docs/ 25616440/Heuristik-Pemecahan Masalahdan-Pembelajarannya-di-SD).

Mustamilah. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hail Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas I SD Negeri 1 Gosono Wonosegoro Boyolali. Jurnal. kependidikan Scholaria, Vol. 5, No. 1, Januari 2015: 24-38.

Nandhita, A. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM VOLUME 5 NOMOR 1 APRIL 2018

Noor, Ariana Desi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Heuristik Krulik dan Rudnik terhadap Kemampuan Berfik ir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Muallimuna (Jurnal Madrasah Ibtidaiyah). VOL.2, NO.2, APRIL, 2017.

Nurun, Nafiah Yunin. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016.

Wulandari, Eni. 2012. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Surakarta : Kalam Cendekia PGSD Kebumen.

Wahyuni, Kusuma Sri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Surabaya : JPGSD, Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014.

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012 . Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4558

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widyagogik Journal indexed by:

         


Widyagogik by http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

All rights reserved p-ISSN: 2303-307X | e-ISSN: 2541-5468