PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DAN KARTU DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN KARAKTER TEMA 6 KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SALATIGA 09

Andra Laras Sari, Suroso Suroso, Yustinus Yustinus

Abstract


ABSTRACT

This study aims to develop an comics books and discipline cards in characters educations or character education strengthening. This study was focusing more on strengthening character value discipline, honesty, independent and religiously at grade 3 elementary school Salatiga 09. This study use a type of development research with Borg & Gall. Expert materials 74% (high) material validation, media experts validation 72% (high),  media validation by teacher 83% (high conformity), and 84% (high conformity) media respons by students.  Then the student strength character value of discipline  is  97% (very good), honesty 93% (very good), independent 89 % (very good), and religiously 97% (very good) after using comics books and discipline card.

 

Keyword : Characters Education, Comics Books and Discipline Card, Borg & Gall

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik dan kartu disiplin sebagai media pembelajaran karakter atau Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini lebih memfokuskan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)  nilai disiplin, jujur, mandiri dan religius di  kelas 3 SD Negeri Salatiga 09. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dan menggunakan model Borg & Gall.  Hasil uji pakar materi 74% (Tinggi), uji pakar media 72% (Tinggi). Respon siswa terhadap media yaitu 84% (Sangat Tinggi) dan guru 83% (Sangat tinggi).  Penguatan nilai karakter siswa yaitu 97%  (Sangat Baik) nilai karakter disiplin, 93% (Sangat Baik)  nilai karakter jujur, 89% (Sangat Baik)  nilai karakter mandiri dan 97%  (Sangat Baik) nilai karakter religius setelah pembelajaran menggunakan media komik dan kartu disiplin.


Keywords


Pembelajaran Karakter; Media Komik dan Kartu Disiplin; Model Borg & Gall

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dikti. (2017, Juli 17). Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi. Retrieved September Kamis, 2017, from Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi: www.ristekdikti.go.id

Hurlock, E. (2000). Child Development. Jakarta: Erlangga.

Hartanti, S. (2013). Pendidikan Kraktar Dlam Kurikulum 2013. Pendidikan, 17.

Kurniawan. (2013). Pendidikan Karakter : konsepsi & implementasinya terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. In Kurniawan, Pendidikan Karakter : konsepsi & implementasinya terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat (p. 2). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Perpres. (2017, September 09). www.peraturan.go.id. Retrieved September Friday, 2017, from Data base peraturan: http://peraturan.go.id/perpres/nomor-87-tahun-2017.html

Wurianto. (2009). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta.

Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19-28.

Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34-46.

Siswoyo, A. A., & Retno, A. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Quantum Learning Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 33-42.

Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah Model Borg & Gall. Brog dan Gall dalam Setyosari (2010:19)

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Jakarta: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Widyagogik Journal indexed by:

         


Widyagogik by http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

All rights reserved p-ISSN: 2303-307X | e-ISSN: 2541-5468