PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERTANYA SISWA

Dwi Ana Lestari

Abstract


Pelaksanaan  Kurikulum 2013 menuntut  keaktifan siswa dalam berfikir ilmiah selama proses pembelajaran. Salah satu indikator keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat diamati melalui tingginya intensitas siswa dalam bertanya maupun mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunjungsekar 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dengan tujuan untuk melatih keterampilan bertanya siswa kelas VB Sub Tema Peristiwa-Peristiwa Penting melalui pendekatan saintifk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa terlihat secara aktif, bersemangat, dan gembira dalam belajar dan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 70% menjadi 77 %,. Siswa yang pada awalnya pasif, mulai berani mengajukan pertanyaan dan mengeluarkan pendapatnya dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Hasil belajar mengalami peningkatan pada pra tindakan, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah dapat meningkatkan keteranpilan bertanya siswa yang akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan adanya keberhasilan ini, disarankan kepada guru untuk mengembangkan pendekatan ilmiah menjadi baik lagi dalam menerapkan kurikulum 2013.


Keywords


Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach), Keterampilan Bertanya.



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Widyagogik



Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: