Aplikasi Fuzzy Analytic Network Process (FANP) Untuk Mendukung Proses Promosi Jabatan Di PT. Surya Maditrindo Pamekasan

Robiatul Adawiyah

Abstract


Perusahaan pemerintah maupun swasta mempunyai tujuan yang harus dicapai. Pencapaian tujuan perusahaan dapat dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara optimal, salah satu sumber daya tersebut adalah sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan PT. Surya Madistrindo Pamekasan dalam melakukan proses promosi jabatan, maka diperlukan kriteria-kriteria seperti aspek kapasitas intelektual, aspek sikap kerja, dan aspek perilaku yang masing-masing mempunyai sub kriteria tersendiri. Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Analytic Network Process (FANP). Metode FANP sendiri digunakan untuk mencari bobot prioritas kepentingan dari seluruh kriteria dan sub kriteria yang telah ditetapkan dan sebagai proses perangkingan atas bobot kriteria masing-masing data karyawan. Pembobotan diperoleh dari hasil kuisioner yang dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Proses perangkingan dilakukan dengan cara mengalikan nilai bobot dari kriteria ke tiap-tiap sub kriteria sehingga mampu menyeleksi karyawan yang berhak menduduki jabatan yang tersedia berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Dari hasil uji coba dalam menyelesaikan studi kasus proses promosi jabatan karyawan menghasilkan nilai akurasi sebesar 80%.


References


Maulidie, S. Rancang bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Online Menggunakan metode Satisficing dan Expand Topsis. Tugas Akhir. Bangkalan : Universitas Trunojoyo. 2011

Arti Promosi Jabatan Karyawan

(diakses pada 23 November 2011).

Arsip Dokumen PT. Surya Madistrindo Tahun 2011.

Dwijaya, Ilman Fahmi.2009. “Sistem Pendukung Keputusan kenaikan Jabatan Pada sysmex Menggunakan Metode Profile Matching”. Universitas Komputer Indonesia : Jurnal JBPTUNIKOMPP.

Handojo, Andreas dan Djoni. H.Setiabudi.2010. “Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Proses Kenaikan Jabatan dan Perencanaan Karir Pada PT. X”. Universitas Kristen Petra : Jurnal MSDM.

Noviani, Danik.2010. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Proses Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi Kasus CV. Central Variasi Mobil)” TA tidak dipublikasikan. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Erginel, Nihal and Sevil Senturk. Ranking of the GSM Operators with Fuzzy ANP. Proceedings of the World Congress on Engineering. Vol II : 978-998. 6-8 Juli 2011.

Khodaverdi, Khatereh., Faghih, Ashkhan., and Eslami, Ebrahim. 2009. “A Fuzzy Analytic Network Process Approuch to Evaluate Concrete Waste Management Options”. USA : University Columbia




DOI: https://doi.org/10.21107/triac.v4i1.5363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Robiatul Adawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: