Implementasi Fuzzy Logic Terhadap Pengukuran Kecepatan dan Penentuan Arah Angin

Mahar Adi Wijaya, Aries Boedi, Jeki Saputra

Sari


Angin adalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara yang rendah ke suhu udara yang lebih tinggi. Kebanyakan pada operasi penerjunan khususnya kursus terjun militer, Jump Master (pelatih) mengarahkan penerjun masih menggunakan alat manual yaitu hanya dengan melihat Wind shock sebagai tolak ukur. Baik penerjun Freefall maupun Para dasar setelah penerjun keluar dari pintu exit mereka tidak tahu kondisi angin di pendaratan oleh karena itu banyak terjadinya kecelakaan saat mendarat yang diakibatkan  oleh perubahan kecepatan arah angin.

Kata Kunci— Rotary encoder, Sensor magnet UGN3503U, Mikrokontroler Arduino Nano dan Monitor Komputer.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setiawan Iwan, "Pendidikan Para Dasar Gel-1 TA.2016", Batujajar : Penerbit Pusat Pendidikan Pasukan Khusus, 2015.

Eliasta Ketaren, “Pemanfaatan Fuzzy logic dalam sistem penerimaan pegawai baru,” J. TIMES, vol. IV, no. 2, hal. 57–60, 2015.

Jumini Sri Dan Holifah Lufti, "Menentukan Kondisi Lingkungan Berdasarkan Pengukuran Kecepatan Angin Dengan Anemometer Sederhana,"Hal.144-148, 2014.

Wahyu Arif E., “Perancangan Dan Pembuatan Alat Ukur Jarak Digital Berbasis Arduino Menggunakan Sensor Rotary Encoder,” 2015.

Nazwa Ihfadni, Darmawan, Diana, Lutvia Hanu, Maghfiroh Imroatul dan Kumalasari Ratna Dewi, “Efek Hall,” 2014.

Hidayatie Nadya, Indrasari Widyaningrum dan Umiatin, "Karakterisasi Sensor Hall Effect Sebagai Sensor Magnetik Pada Prototipe Penjelajah Pengukur Medan Magnet Dengan Sistem Kendali Android", vol. 6, 2017.

Arduino Mega 2560 Datasheet, robotshop.Jakarta.

D. T. T. M. E. S. Maya Azlina, “Pembuatan Alat Ukur Kecepatan Angin,” Alat Ukur, Vol. 8535, No. Alat Ukur Kecepatan Angin, Hal. 13, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/triac.v5i2.4104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

copyright @2019 Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik  Universitas Trunojoyo Madura

Email: jurnal_triacs@trunojoyo.ac.id