Perancangan Aplikasi Alat Musik Tradisional Rebana Berbasis Android untuk Pembelajaran Ekstrakurikuler Hadrah di SLB B-C Nusantara Bangil Kab. Pasuruan

Teguh Arifianto, Qonita Syarif Nurullah, Mohammad Aries Syufagi

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan komputer, aplikasi komputer juga berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu hiburan utama untuk mengisi waktu luang baik dilakukan bersama atau pribadi. Pada era modern seperti sekarang, alat musik rebana telah mengalami kekurangan minat, kebanyakan alat musik rebana dimainkan oleh orang tua maupun ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam sebuah grup tertentu. Padahal untuk memainkan alat musik rebana membutuhkan tenaga yang cukup besar pula. Anak-anak muda cenderung lebih suka memainkan alat musik modern seperti drum. Salah satu cara agar masyarakat mau mengenal serta mempelajari alat musik tradisional adalah dengan membuat suatu aplikasi pengenalan alat musik tradisional nusantara berbasis android yang alat musiknya dibuat dalam bentuk 3 dimensi menggunakan Blender agar menarik minat masyarakat untuk mempelajarinya Pemodelan sistem pada pembangunan aplikasi ini menggunakan Unity dan UML (Unified Modelling Language) dengan tools activity diagram, use case dan dikembangkan menggunakan model waterfall yang dijalankan pada sistem operasi android.

Keywords

rebana, alat musik tradisional, android, 3 dimensi, Blender

Full Text:

PDF

References

I. H. Roemaldo Suares, Budi Suyanto, “Game Pembelajaran Alat Musik Tradisional,” J. Tek. Elektro Terap., vol. 5, no. 1, pp. 51–59, 2016.

A. Schremm, A. Hed, M. Horne, and M. Roll, “Training predictive L2 processing with a digital game: Prototype promotes acquisition of anticipatory use of tone-suffix associations,” Comput. Educ., vol. 114, pp. 206–221, 2017.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v11i2.4420

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teguh Arifianto, Qonita Syarif Nurullah, Mohammad Aries Syufagi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.