MODEL PENENTUAN KAWASAN EKOWISATA BAHARI DENGAN PEMANFAATAN DATA CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Maulinna Kusumo Wardhani, Zainul Hidayah

Abstract

Pulau Gili Timur Bawean terletak di Kabupaten Gresik yang memiliki 3 ekosistem khas pesisir secara bersama-sama (ekosistem mangrove, lamun dan terumbu karang). Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan potensi sumber daya alam pesisir Pulau Gili Timur Bawean dan menganalisa kesesuaian wilayah pesisir Pulau Bawean untuk dikembangkan sebagai obyek ekowisata bahari. Metodologi penelitian ini mengunakan metode survei dengan analisis kesesuaian kawasan ekowisata menggunakan skoring dan pembobotan. Potensi sumberdaya pesisir dan lautan Pulau Gili Timur Bawean Kabupaten Gresik antara lain persentase tutupan terumbu karang hidup mencapai 60% pada kedalaman 5 meter dan 37.70% pada kedalaman 10 meter, vegetasi mangrove dengan tegakan sekitar 300-400 pohon dengan luas kurang lebih sekitar 14.887,255 m2 (1.488 Ha), dan ekosistem lamun dengan persentase penutupan lamun kuran lebih 20%. Potensi ekowisata selam dan rekreasi pantai berada di sebelah barat, timur atau selatan pulau. Parameter yang paling mendukung daerah ini adalah terumbu karang yang indah dengan persentase tutupan karang dengan kategori baik, yaitu 50-65 %.

Keywords

ekowisata; kesesuaian lahan;

Full Text:

PDF

References

Arifin T, D G Bengen, J I Pariwono. 2002. Evaluasi Kesesuaian Kawasan Pesisir Teluk Palu untuk Pengembangan Pariwisata Bahari. Jurnal Pesisir dan Lautan 4 (2): 25-35 hal.

Hidayah Z 2011. Pengolahan Basis Data Spasial dan Informasi Pesisir Jawa Timur Untuk Menunjang Wisata Pantai. Jurnal Kelautan Vol.4. No.1. Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan.

Hutabarat A.,Retraubun,A.W., dan Murad, S. 2009. Pulau-Pulau Kecil di Indonesia : Data dan Masalahnya. Makalah Lokakarya Penetapan Batas Garis Terluar Indonesia. COREMAP-LIPI. Jakarta.

Yulianda F. 2007. Konsep Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pengelolaan Pesisir Berbasis Konservasi. Bahan Kuliah Program Master Pengelolaan Sumberdaya Pesisir. Institut Pertanian Bogor.

DOI

https://doi.org/10.21107/rekayasa.v5i2.2117

Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Maulinna Kusumo Wardhani, Zainul Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.