EFEKTIVITAS PERMAINAN SIRKUIT PINTAR MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Yulias Wulani Fajar, Endang Ratnasari

Abstract


Abstrak: Efektivitas Permainan Sirkuit Pintar Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Pengembangan motorik kasar diharapkan dapat melatih gerakan tubuh dan meningkatan kemampuan koordinasi anggota tubuh. Perkembangan motorik kasar harus dibimbing oleh guru karena perkembangan ini tidak bisa dibeljarakans secara otodidak. Menilik hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak dengan menggunkan permainan Sirkuit Pintar. Sirkuit ini terdiri dari tujuh pos. Setiap posnya akan membentuk kemampuan otot anak sesuai tahap perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan siswa kelompok B di RA Al Amien Kamal Bangakalan yang berjumlah 15 siswa.  Penelitian ini mengkaji efektivitas permainan sirkuit yang berhubungan dengan motorik kasar anak. Hasil penelitian menunjukkan 19,9 % dari jumlah prosentase siswa yang kurang mampu melakukan dua pos untuk melatih kelentukan otot dan keseimbangan. Pos-pos selebihnya anak sudah mampu melakukan dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena kurang adanya pelatihan dan bimbingan dari guru dan guru mempersepsikan bahwa perkembangan motorik dapat dikembangkan secara otomatis, sehingga dibutuhkan pemahaman guru mengenai materi yang berhubungan dengan perkembangan motorik.

Kata kunci: Permainan Sirkuit Pintar, Kemampuan Motorik Kasar, Evektivitas Permainan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Erlinda, E. (2014). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan “Melempar dan Menangkap Bola”, Skripsi. (Online), (http://repository.unib.ac.id), diakses 19 Desember 2015.

Hildayani, Rini, dkk. (2007). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moedzakir, D. (2010). Desain dan Model Penelitian Kualitatif. Malang: FIP UNM.

Seri Ayah Bunda. (2001). Balita dan Masalah Perkembangannya. Jakarta: Gaya Favorit Press.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kiantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soendari, T. Tanpa Tahun. Metode Penelitian Deskriptif, Catatan Mingguan (Online), (http://file.upi.edu), diakses 10 Desember 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/jpgpaud.v2i2.2678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yulias Wulani Fajar, Endang Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons

Jurnal PG PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini by http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats