MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Flora Grace Putrianti, Trisniawati Trisniawati, Nelly Rhosyida

Sari


Pembelajaran matematika yang dilaksanakan guru di kelas menjadi persoalan yang sangat menarik untuk didiskusikan. Siswa memandang matematika sebagai suatu mata pelajaran yang sangat membosankan, menyeramkan, bahkan menakutkan. Banyak siswa yang berusaha menghindari mata pelajaran tersebut. Hal ini jelas sangat berakibat buruk bagi perkembangan pendidikan matematika ke depan. Pembelajaran bermakna diharapkan dapat meningkatkan sikap positif terhadap matematika yang akhir-akhir ini sangat jarang dilakukan. Tulisan ini menguraikan tentang cara menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Sikap positif, dan pembelajaran matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, Saifudin. 2002. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Begle, E. G. 1979. Critical Variables in Mathematics Education. Washington D.C: The Mathematical Association of America and NCTM.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang standar isi mata pelajaran matematika.

Djaali. 2008. PsikologiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

https://elshinta.com/news/124141/2017/10/17/kemristekdikti-kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatinkan

Gerungan WA. 2000. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

M. Ngalim, Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaqim dan Wahib, Abdul. 2003. PsikologiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA : NCTM

Soedjadi. 2004. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICAUPI.

Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharyat, Yayat. 2009.Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. REGION. Volume I. No. 3. September 2009.http://ejournal-unisma.net/ojs/index.php/region/article/download/22/20

Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, Munandar.1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Prodi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura