PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD BERBANTUKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Mimik Wardiningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran cooperative learning model STAD yang berbantukan meda video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD negeri Baratan 2 Jember.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Baratan 02 dengan populasi semua siswa, dan sampel siswa kelas V pada pokok bahasan daur air. Dalam penelitian ini data yang dianalisis adalah prosentase keaktifan siswa dan ketuntasan hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Rata-rata Aktifitas siswa pada siklus I, aktifitas mencapai 75, 7 %. Pada siklus II aktifitas siswa mencapai 81, 1 %. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II sebagai berikut; Memperhatikan pembelajaran ( 82,0 % ); Kerjasama dalam melakukan percobaan ( 84,7 % ); Presentasi hasil percobaan ( 88,3 % ); Bertanya atau menjawab ( 62,6 % ). Aktifitas yang paling rendah dilakukan siswa adalah bertanya dan menjawab.Persentase hasil belajar mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 64, 9 % dengan 13 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 83, 8 % dengan 6 siswa belum tuntas.

References


Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: KKPS Kabupaten Jember.

Max, dan Darsono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pres.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.