APLIKASI NTC UNTUK MENENTUKAN ENERGI RADIASI DENGAN PENDEKATAN HUKUM STEFAN BOLTZMANN

Dzulklifih -, Mohammad Ahied

Abstract


Telah dilakukan perancangan dan realisasi alat pengukur energi radiasi nikel kromium dengan keluaran angka. Alat ini dapat dimanfaatkan sebagai eksperimentasi dalam percobaan radiasi benda hitam. Perangkat keras alat ini terdiri dari sensor suhu NTC, Mikrokontroler ATMega328, LCD, Arduino Uno dan Nikel Kromium. Alat ini bekerja seperti termometer yaitu mengukur derajat suhu logam pada skala celcius dan menghitung energi radiasi. Suhu logam akan terbaca oleh sensor, kemudian hambatan keluaran dari sensor akan diubah menjadi data digital oleh ADC. Data digital tersebut akan diproses oleh mikrokontroler dan ditampilkan ke dalam peraga. Alat ini telah terealisasi dan dapat mengukur suhu nikel kromium yang dipanaskan hingga suhu 184,64 oC dan energi radiasinya memiliki nilai sebesar 1594.29 W/m2.


References


Beiser, Arthur. 1987. Konsep Fisika Modern Edisi Keempat. Jakarta, Penerbit Erlangga

Huberman, Milles. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta, Penerbit UI – Press

Pennstate, 2006.

NTC Thermistor. (Online), ( http://www.me.psu.edu/rahn/me462/ntcnotes.pdf, diakses pada 20 Juli 2013)

Saung, 2102. Kupas tuntas arduino. Online, (http://saung.igoscenter.org/Kupas _tuntas_arduino#min.28x.2Cy.29, diakses pada 10 Juli 2013)

http://fisika.wordpress.com/ diakses pada 7 Oktober 2010




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.