Pengembangan Produk Unggulan Sebagai Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa di Kecamatan Modung Bangkalan

Mohammad Jufriyanto

Abstract


Salah satu cara dalam pembangunan ekonomi ini dengan mengoptimalkan produk unggulan atau komoditas unggulan. Produk unggulan ini akan memberikan manfaat dalam pengoptimalan sumber daya yang ada dan mampu memberikan suatu pengetahuan tentang suatu bahan yang memiliki nilai ekonomis lebih. Selain itu, dengan adanya produk unggulan mampu menimbulkan potensi peningkatan ekonomi masyarakat suatu wilayah tersebut. Kegiatan produk unggulan desa ini dilakukan pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Lokasi pelaksanaan yaitu di 3 desa Kecamatan Modung, Bangkalan. 3 desa tersebut yaitu Desa Paeng, Patereman dan Neroh. Kegiatan KKN berlangsung ± 1 bulan. Tempat pelaksaan di masing-masing kediaman Kepala Desa. Hasil dari kegiatan produk unggulan desa yaitu menemukan potensi yang ada di wilayah tersebut dan dijadikan sebuah produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hasil produk unggulan dari masing-masing desa yaitu, Produk unggulan dari Desa Paeng yaitu selai jagung dan puding jagung. Produk unggulan Desa Patereman yaitu, selai sawo dan keripik sawo. Produk unggulan Desa Neroh yaitu, stik nasi, kerupuk nasi dan selai kacang. Produk unggulan yang diciptakan merupakan potensi yang ada di wilayah tersebut seperti kacang, jagung, sawo dan padi.


Keywords


pembangunan desa, produk unggulan, kuliah kerja nyata

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chuzaimah & Mabruroh. 2008. Identifikasi Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Pada Era Otda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 14 (3).

Malinda, Y. 2014. Analisis Potensi Ekonomi Daerah dalam Pengembangan Komoditi Unggulan Kabupaten Agam. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol 3(1).

Pantow, S. Palar, S. & Wauran, P. 2015. Analisis Potensi Unggulan dan Daya Saing Sub Sektor Pertanian di Kabupaten Minahasa. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 15(4).

Hidayah, I., 2010. Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru (Pre-eminent Commodity Preference Analysis of Plantation of Sub-Province Buru). AGRIKA Vol 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/pgd.v5i1.5162

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mohammad Jufriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Print)

ISSN 2477-6270 (Online)


Creative Commons License

Pangabdhi Journal by Institute of Research and Community Services is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.