Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso

Nian Riawati, Nurcahyaning D.K

Abstract


Desa  Sumber  Anyar  Kecamatan  Maesan  Kabupaten  Bondowoso  adalah  Desa dengan potensi wilayah perkebunan yang luas dengan produksi singkong yang melimpah. Potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya. Banyaknya masyarakat Desa Sumber Anyar dengan usia produktif yang menganggur dan sedikitnya kelompok usaha bersama merupakan penyumbang angka kemiskinan di Desa Sumber Anyar. Upaya untuk menurunkan angka kemiskinan perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan potensi daerah, yaitu mengolah singkong menjadi keripik yang mempunyai   nilai   ekonomis.   Untuk   itu   perlu   dilakukan   program   pelatihan   dan pendampingan kepada Kelompok usaha keripik singkong di Desa Sumber Anyar. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan  pertama melakukan Focus Group Discussion (FGD) memberikan pengetahuan mengenai standart kelengkapan produksi seperti No PIRT, keterampilan inovasi rasa dan pengemasan yang baik. Hasil dari FGD diformulasikan menjadi agenda kegiatan.  Setelah mendapatkan hasil dari kegiatan FGD kemudian di aktualisasikan dengan melakukan praktek pelatihan dan pendampingan pembuatan keripik singkong. Tim pelaksana berusaha menciptakan suatu ide kreatif dan ide inovatif untuk memberikan nilai tambah terhadap komoditas keripik singkong di Desa Sumber Anyar. Salah satunya dengan mengubah cara produksi dengan menggunakan peralatan teknologi tepat guna sehingga kapasitas produksi dapat meningkat.


Keywords


keripik singkong , teknologi tepat guna, produktivitas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amzeri, A. 2016. Profil Pengembangan Jagung Madura. Penerbit: UTM Press.

Casson, M. 2012. Entrepreneurship: Teori, Jejaring, Sejarah. Terjemahan. Penerbit: Rajawali Pers.

Efendy, M. 2012. Garam Rakyat: Potensi dan Permasalahan. Penerbit; UTM Press.

Rahayuningsih, E.S. 2016. Profil Ubi Kayu. Penerbit: UTM Press.

----------------------------. 2016. Profil Tenaga Kerja Madura. Penerbit: UTM Press.

Saputro, S.D. 2016. Profil Pendidikan Madura. Penerbit: UTM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/pgd.v5i1.5156

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nian Riawati, Nurcahyaning D.K

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Print)

ISSN 2477-6270 (Online)


Creative Commons License

Pangabdhi Journal by Institute of Research and Community Services is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.