Kemitraan dalam Pengembangan POS PAUD di Kecamatan Kamal Bangkalan

Netty Dyah Kurniasari

Abstract


Pos PAUD RA Bakti Telang dan PAUD KB PGRI merupakan PAUD yang berada di Kecamatan Kamal. Semenjak mulai berdiri sampai sekarang terdapat keterbatasan dalam kemampuan proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan pengelola/budan PAUD berasal dari ibu rumah tangga dan kader PKK. Kedua mitra mempunyai masakah yang sama khususnya dari sisi penguasaan metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi anak usia  ini. yaitu proses belajar mengajar yang bersifat monoton, tidak (kurang menyenangkan), Kompetensi dan kemampuan tenaga pengajar dalam  memahami kurikulum PAUD  dan bahan referensi masih terbatas, mengingat usia tenaga pengajar 50 tahun ke atas. Selain itu kemampuan memahami berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangat terbatas, karena jenjang pendidikan tenaga pengajar rata-rata SMA. Proses belajar mengajar yang digunakan  terkesan apa adanya. Hal ini bisa dilihat dari  tidak adanya modul  pembelajaran sehingga menghambat.  Metode yang dipakai untuk memecahkan permasalahan adalah melalui kegiatan pelatihan belajar dan mengajar bagi nak PAUD, sehingga target luaran yang  dihasilkan adalah sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak PAUD.


Keywords


pengelola POS PAUD, metode pembelajaran, modul, kreatif, inovatif

References


Agustiawati, I. 2014. Pengaruh Pola Asuh terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI di SMA Negeri 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Alfiana, E.N. 2015. Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak dalam Keluarga Pada Bidang Pendidikan di Dusun Pandaan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Klaten. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zulkifli, Makhmud, 2014, Pengabdian dan Ipteks untuk Masyarakat : PAUD. Laporan Kegiatan. Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Netty Dyah Kurniasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: