Pembuatan dan Digitalisasi Batik Tulis Madura Pada UKM Batik Bangkalan

Indah Agustien Siradjuddin, Kautsar Sophan, Arik Kurniawati, Rima Triwahyuningrum

Abstract


Batik Madura dikenal akan jenis batik tulis Madura yang memiliki motif batik dan warna batik yang unik. Keseluruhan produksi batik tulis Madura ini dilakukan secara manual, mulai dari desain batik, menggambar batik pada kain, mencanting, fiksasi, pewarnaan, dan lain-lain. Proses manual inilah yang tetap menjaga keaslian batik tulis Madura. Hanya saja, kain batik yang dihasilkan pada batik tulis Madura ini, tidak menghasilkan pola yang simetris ketika kain batik dibuat menjadi sebuah pakaian. Motif-motif yang terdapat pada pakaian yang berasal dari kain batik tulis Madura, tidak membentuk pola yang simetris. Oleh karena itu diperlukan upaya agar motif-motif yang dibuat oleh pengrajin batik, dapat membentuk pola simetris pada suatu pakaian. Kegiatan pengabdian yang diusulkan adalah pembuatan motif batik tulis Madura, agar pakaian yang dihasilkan menampilkan pola simetris, dengan bantuan perangkat lunak. Tahap pertama yang dilakukan adalah pembuatan mal atau template pakaian yang akan dibuat, penyusunan mal ini pada desain kain batik, penyusunan motif-motif batik pada kain sehingga sesuai dengan mal pakaian yang telah ada.


Keywords


Batik tulis, motif batik, mal pakaian, simetris

Full Text:

PDF

References


“Batik Madura.”

“Di Pasar Batik Madura Ini, Wisatawan Bisa Langsung Membeli Batik Ke Pengrajin.” [Online]. Available: http://travel.akurat.co//id-10517-read-di-pasarbatik-madura-ini-wisatawan-bisa-langsung-membeli-batik-ke-pengrajin. [Accessed: 04-Oct-2017].

“Semakin Asyik Berburu Batik Tulis di Pasar Wisata Bangkalan,” Tempo, 01-Feb-2017. [Online]. Available: https://travel.tempo.co/read/870070/semakin-asyik-berburu-batik-tulis-di-pasar-wisata-bangkalan. [Accessed: 04-Oct-2017].

“Gelinjang Batik Gentongan Tanjungbumi, Bangkalan, Madura,” suroboyolife, 20-Mar-2017. [Online]. Available: http://suroboyolife.com/gelinjang-batik-gentongan-tanjungbumi-bangkalan-madura/. [Accessed: 04-Oct-2017].

“Batik |.” [Online]. Available: http://io.trunojoyo.ac.id/batik/. [Accessed: 04-Oct-2017].

“Have Fun With Batik |.” [Online]. Available: http://io.trunojoyo.ac.id/have-fun-with-batik/. [Accessed: 04-Oct-2017].




DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i1.4628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indah Agustien Siradjuddin, Kautsar Sophan, Arik Kurniawati, Rima Triwahyuningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pangabdhi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2477-6289 (Online)  ISSN 2477-6270 (Print)

Terindeks oleh: