Pendapatan Usaha Ternak Sapi Madura (Studi Khasus Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep)

Reftina D. Paramiswari, Mardiyah Hayati

Abstract


Desa Kapedi memiliki jumlah populasi sapi potong terbesar di Kecamatan Bluto. Akan tetapi, peternak tidak memiliki lahan khusus pakan hijauan dan skala usaha masih berskala kecil karena minimnya modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik peternak, mengetahui pendapatan peternak, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan peternak di Desa Kapedi. Penentuan responden dilakukan secara simple random sampling. Responden yang diambil sebanyak 84 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan peternak di Desa Kapedi berada pada tingkat umur produktif, tingkat pendidikan SD/MI, lama pengalaman sekitar 10-20 tahun, skala kepimilikan antara 2-3 ekor dengan jumlah tanggungan keluarga 4-5 orang. Rata-rata pendapatan peternak sebesar Rp 8.276.019 pertahun dengan RC/ratio 1,2. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan yaitu biaya bakalan, biaya pakan, dan biaya kandang.


Keywords


Sapi Madura, Karakteristik, Pendapatan, Faktor Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2013. Populasi Ternak Besar Menurut Kabupaten/Kota. Diakses tanggal 07 Desember 2016.

Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep. 2016. Populasi Ternak Besar Per Desa di Kabupaten Sumenep Kecamatan Bluto.

Ginting, br. A. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Padi dan Usaha Penggemukan Sapi Potong. Jurnal Penelitian Bidang Ilmu Pertanian Vol. 11 No. 3.

Hendrayani, E., dan Dewi, F. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Beternak Sapi di Desa Koto Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singing. Jurnal Peternakan Vol. 6 No. 2: 53-62.

Hoddi, A.H., M.B. Rombe., dan Fahrul. 2011. Analisis Pendapatan Peternakan Sapi Potong di Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal Agribisnis Vol. 10 No. 3.

Julpanijar., Hasnudi., dan Abdul, R. 2016. Analisis Pendapatan Usaha Ternak di Kecamatan Hunai Kabupaten Langkat. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara Vol. 4 No. 1.

Makkan, R.J., Anie, M., F.H.Elly., dan L.D.R.Lumenta. 2014. Analisis Keuntungan Penggemukan Sapi Potong Kelompok Tani Keong Mas Desa Tambulango Kecamatan Sangkub Bolaang Mangondow Utara. Jurnal Zootek Vol. 34 No. 1: 28-36.

Mulyana, R.S. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Penggemukan Sapi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan Vol. 12 No. 4.

Rusdiana, S., Umi, A., dan Rijanto, H. 2016. Analisis Usaha Ternak Sapi Potong Berbasis Agroekosistem di Indonesia. Agriekonomika Vol. 5 No. 2.

Soekartawi., A.S., John, L.D., dan J.Brian, H. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Welerubun, I. N., Titik, E., dan Agus ,S. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Peternak Domba Kisar di Pulau Kisar Kabupaten Maluku Barat Daya. Agromedia Vol. 34 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v10i2.4144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Reftina D. Paramiswari, Mardiyah Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: