Efektivitas Publisitas dalam Meningkatkan Jumlah Masyarakat Sadar Pajak

Citra Lutfia, Gita Arasy Harwida, Mohamad Djasuli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh audience coverage (khalayak yang dicapai), audience response (tanggapan khalayak), communication impact (hasil komunikasi), dan process of influence (proses pengaruh) terhadap peningkatan jumlah masyarakat sadar pajak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Adapun respondennya adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan yang berjumlah 100 orang, teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa faktor yang telah terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat sadar pajak adalah audience response (tanggapan khalayak) dan process of influence (proses pengaruh), sedangkan faktor audience coverage (khalayak yang dicapai) dan communication impact (hasil komunikasi) tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap masyarakat sadar pajak di KPP Pratama Bangkalan

Keywords


audience coverage (khalayak yang dicapai), audience response (tanggapan khalayak), communication impact (hasil komunikasi), process of influence (proses pengaruh), dan masyarakat sadar pajak.

Full Text:

PDF

References


Afianti, N. D. 2005. Efektifitas Program Publisitas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Situs Trowulan, Mojokerto Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya. Fakultas Fisip Universitas Bhayangkara. Surabaya.

Bastian, R. A., Susilo, H. dan Warih, S. H. 2009. Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Jatim II. Tidak dipublikasikan. Sidoarjo.

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Indriantoro, N. dan Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.

Kornhauser, M. E. 2005. Doing the Full Monty: Will Publicizing Tax Information Increase Compliance?. Canadian Journal of Law and Jurisprudence Vol. XVIII, No.1 (January 2005).

Rachman, A. 2009. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran Dan Kepatuhan Wajib Pajak PBB Terhadap Keberhasilan Penerimaan Penerimaan PBB Di Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep. Skripsi tidak diterbitkan. Madura. Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo. Madura.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan III. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, J. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Cakrawala: Yogyakarta

Tim Penyusun Buku Reformasi DJP. 2010. Reformasi Pajak: Silent Revolition.(Tidak dipublikasikan): Jakarta.

Wahana. 2006. Seri Belajar Praktis Menguasai SPSS 13 Untuk Statistik Edisi 1. Jakarta: Salemba Infotek

Wijaya, T. 2009. Analisis Data Penelitian Dengan Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v10i2.4142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citra Lutfia, Gita Arasy Harwida, Mohamad Djasuli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: