Gestures sebagai Concrete Paving dalam Pemerolehan Bahasa Anak

Mohammad Halili

Abstract


Gestures seperti iconic dan beat, sebagai bagian dari paralinguistik masih menjadi teka-teki dalam kajian Psikolinguistiks apakah keberadaannya memiliki peran fundamental atau concrete paving terhadap perkembangan anak secara linguistik. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis peran gestures, baik
sebagai information communication atau lexical access, serta relasi antara gestures dan kemampuan berbicara (speech) dengan menunjukkan neuro psychological evidence. Penelitian ini menggunakan laboratory/controlled experimental method yang berlokasi di TSA (Taman Sosialisasi Anak) Universitas
Trunojoyo Madura dengan responden anak berusia 2 tahun. Peneliti mengobservasi langsung aktivitas anak diantara jam kerja dan juga melakukan recording terutama pada momen gestures berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan analisis dan me-recall data saat dibutuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa perang gestures begitu penting untuk perkembangan bahasa anak, yang ditunjukkan dengan iconic seperti kata ayam dan beat gesturesseperti kata gajah. Neurophyscological evidenceserta
perkembangan (development) juga mengindikasikan bahwa gestures memiliki keterkaitan dengan perkembangan bahasa mereka.


Full Text:

PDF

References


Blakstad, O. (2017). Experimental research. Retrieved at 20 of July, 2017, from https://explorable.com/experimental-research.

Crytal, D. (1994). The Cambridge encyclopedia of language. United States of America: Cambridge University Press

Glenberg, A., M., Schroeder, J., L., & Robertson, D., A. (1998). Averting the gaze disengages the environment and facilitates remembering. Memory & Cognition. 26.4. pp. 651-658.

Hadar, U., Wenkert-Olenik, D., Krauss, R. M., & Soroker, N. (1998). Gesture and the processing of speech; Neuropsychological evidence.

Brain and Language, 62, 107126.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v10i2.4078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mohammad Halili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: