KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA SKALA MIKRO (MICRO ENTERPRISE) KUB BAJRAH GUNAH KLAMPIS BANGKALAN DALAM MEMASARKAN PRODUK TERASI, PETIS DAN KERUPUK IKAN

Dwi Ratna Hidayati

Abstract


Secara geografis Indonesia terdiri dari 70% laut. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi lestari sumber daya ikan (SDI) laut Indonesia sekitar 6,4 juta ton per tahun mendatangkan peluang pengembangan usaha kelautan dan perikanan. Seiring dengan hal tersebut, potensi bahan baku perikanan yang sedemikian besar mendorong tumbuhnya usaha-usaha pengolahan makanan berbahan dasar ikan terutama usaha skala mikro kecil menengah, khususnya di wilayah-wilayah sentra penghasil perikanan seperti di kecamatan Klampis. Salah satu Kelompok Usaha Bersama (KUB) skala mikro yang mengusahakan produk berbasis hasil perikanan adalah KUB “Bajrah Gunah” yang berlokasi di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan yang memproduksi petis, terasi dan kerupuk ikan. Namun demikian,usaha skala mikro (micro enterprise) seringkali terkendala berbagai permasalahan terutama dibidang pemasaran, apalagi dalam kondisi harus bersaing dengan perusahaan skala menengah ataupun industri skala besar lainnya. Komunikasi pemasaran merupakan kata kunci strategis untuk memainkan peran produk lokal agar bisa berkembang oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh usaha skala mikro KUB Bajrah Gunah. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh KUB Bajrah Gunah masih bersifat minimalis melalui pemasaran mulut ke mulut, info kontak di label sederhana, pameran melalui dinas di Bangkalan dan alat komunikasi berupa HP. Namun demikian dari sisi jejaring, pemasaran yang dilakukan kelompok usaha ini sudah cukup luas hingga ke Pasuruan, Bawean,  Kalimantan dan Malaysia melalui komunikasi relasi. Temuan bahwa relasi dan koneksi memiliki peran kuat dalam jalur pemasaran usaha skala mikro di KUB Bajrah Gunah membuat bisnis ini hanya dapat berkembang jika memiliki kekuatan komunikasi internal keluarga dan teman tanpa mengandalkan publik sebagai target konsumen.

Keywords


Komunikasi Pemasaran; Usaha Skala Mikro (Micro Enterprise); KUB Bajrah Gunah

Full Text:

PDF

References


Chandra, G.(2015). Strategi dan program pemasaran. Yogyakarta: Adi Offset.

Chrismardani, Yustina. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu : implementasi untuk MKM. Jurnal NeO-Bis Volume 8, No.2 Desember 2014. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/4319, akses 27 Juni 2015.

Hidayat, Rahmad, Issa Dyah dan Romadhani, Sari. (2011). Pengembangan strategi komunikasi pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM). Journal of Strategic Communication. Vol.1 No,2 Hal. 2005-221.

Hallberg, Kristi. (1994). A Market Oriented Strategy For Small and Medium-Scale Enterprises. Washington DC: International Finance Corporation-World Bank

Indra dan Lestari, S.(2009). Kajian efektivitas model promosi pemasaan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM. Vol 4. Hal 116-139.

Isnaini, Santi. (2010). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di indonesia. jurnal masyarakat kebudayaan dan politik. Volume 22, Nomor 4: 324-332 . http://mkp.fisip.unair.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=138:implementasi-komunikasi-pemasaran-terpadu-sebagai-penyampai-pesan-promosi-usaha-kecil-menengah-ukm-di-indonesia&catid=34:mkp&Itemid=62 Akses 27 Juni 2015.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2004). Dasar- dasar pemasaran Jilid 2. Alih Bahasa : Alexander Sindoro. Indeks.Jakarta

Lekhanya. (2013). The use of marketing strategies by small, medium and micro enterprises in Rural KwaZulu-Natal. SAJESBM (The Southern African Journal of Entrepeneurship and Small Business Management. Volume 6, 2013.

Osmanagic, Anel and Maral Anthighechian. (2011). Word of mouth as a communication marketing tool for micro companies in service industry Sweden: Linkopings Universite

Van Scheers, L & Radipere, S.(2008). Gathering Perceptions of Soweto Small Business Owners on Advertising in black townships in South Africa. Journal of Global Business Advancement, 1(4): 445-458.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v8i2.2068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Dwi Ratna Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: