PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Alfiyaturrizqi Nadliyah, Mohammad Taufiq, M. Thamrin Hidayat, Suharmono Kasiyun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest. Validasi penelitian ini adalah validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik dengan analisis uji Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo dengan rata-rata nilai posttest 95 setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,017 kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa.

References


Berlian, Z., Aini, K., & Nurhikmah, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi, Volume: 3, Nomor: 1.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tiballa, M.D., Sudana, D. N., & Gading, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume: 5, Nomor: 2.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.