Pengaruh Media Crocodile Physics untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Ahmad Ali, Laila Khamsatul Muharrami, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Crocodile physics adalah perangkat lunak simulasi 3D yang digunakan sebagai media pembelajaran berbasis komputer. Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengeksperikan pengetahuan ke dalam pembelajaran menggunakan komputer. Crocodile physics sebagai media pembelajaran berbasis laboratorium virtual memberikan kemudahan dalam mempelajari IPA dengan tampilan gambaran nyata kepada siswa. Penggunaan teknologi komputer mengubah pola pikir siswa terhadap IPA yang kurang diminati. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media crocodile physics dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Kamal dengan populasi siswa kelas VIII pada pokok bahasan Getaran dan Gelombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk satu kelas yaitu kelas VIII C. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Designs. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan dan uji N-Gain. Perolehan nilai thitung sebesar -6,807 dan nilai N-Gain sebesar 0,08 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes dengan persentase sebesar 76% dan rata-rata postes dengan persentase sebesar 80%.

References


Al-Tabany. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budi, R. S., S.S Edhi, dan M. Sukisno . (2014). "Implementasi Model Pembelajaran Physics-Edutainment dengan Bantuan Media Crocodile Physics pada Mata Pelajaran Fisika". Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No. 2.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gumrowi, A. (2016). "Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Melalui Simulasi Crocodile Physics". Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 5. No. 1..

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasbiyati, H dan Laila, K. (2017). "Penerapan Media E-Book Bereksistensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA". Jurnal Pena Sains, Vol. 4, No.1.

Hayati, M. N, dkk. (2013). "Pengembangan Pembelajaran IPA SMK dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa". Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2, No.1.

Lestari, K. E dan Mokhammad R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Pratiwi. N. P. (2015). "Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang". Jurnal Pujangga, Vol. 1, No. 2.

Sardiman. (2012). Interakasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ulukok, S. dan Ugur S. (2016). "The Effect of Simulation-assisted Laboratory Applications on Pre-service Teachers' Attitudes towards Science Teaching". Universal Journal of Educatinal Research, Vol. 3, No. 3.

Utama, C., S. Kentjananingsih, dan Y. S. Rahayu. (2014). "Penerapan Media Pembelajaran biologi SMA dengan menggunakan model Direct Instruction untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Pena Sains. Vol. 01, No. 01, Hal. 29-40.

Wardiningrum, M. (2015). "Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD Berbatukan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA". Jurnal Pena Sains, Vol. 2, No. 1.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.