PENGARUH LKS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MELATIH KARAKTER SISWA

Yuli Permata Sari, Laila Khamsatul Munawaroh, Irsad Rosidi, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa terhadap LKS inkuiri terbimbing berorientasi nilai-nilai keislaman. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Raudlatul Falah Pati, pada kelas VII-A tahun ajaran 2017/2018. Karakter siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS inkuiri terbimbing berorientasi nilai-nilai keislaman mengalami peningkatan sebesar 8,13%.

References


Almuntasheri, S., Gillies, R. M, & Wright, T. (2016). The Effectiveness Of A Guided Inquiry-Based Teacher Professional Development Programme On Saudi Students Understanding Of Density. Journal Science Education International Vol 27 No 1.

Asyhari, A., Sunarno, W., dan Sarwanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Teeintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Inkuiri Vol 3 No 1.

Budisetyawan, S. (2012). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Tema Sistem Kehidupan dalam Tumbuhan Kelas VIII di SMP N 2 Playen. Jurnal Pendidikan IPA FMIPA UNY, Vol 4 No 1.

Damayanti, D.S.Ngazizah, N.DanSetyadi, K.E. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Jurnal Bioedu Vol 2 No 3.

Hadi, Joko Praseto. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Mts Muslim Pancasila Wonotirto Blitar. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Jaya, I. M., Sadia, I. W., dan Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa Vol 4 No 1.

Karim, I., M. and Mustadi, A. (2018). Training Discipline and Responsibility: The Implementation of Values Clarification Model. Jurnal Pena Sains. Vol 5, No. 1.

Kemp, J.E, Morrison, G.R, dan Ross, S.M. (1994). Desidning effective instruction. New York: Wiley.

Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Kusuma, O. A., Chumdari, dan Ragil, W.A. (2013). Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Pencapaian Nila-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Mayasari, H., Syamsurizal., dan Maison. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Karakter Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis Untuk Siswa SMA. Jurnal Edu-Sains Vol 4 No 2.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya:Pena Salsabila.

Nasrullah, F. J. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Dan Remaja. Seminar Psikologi Dan Kemanusiaan UMM.

Perpres, 2017. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2012 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Secretariat Negara Republik Indonesia.

Riduwan, M. B.A. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung:Alfa Beta.

Rohman, M. 2012. Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Stastistika Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.