PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS RISET

Hasyatul Arina Arina, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi, Yunin Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis riset terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Blega dengan sampel kelas VIII-A dan VIII-B dengan menggunakan sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel bebas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 70,13% dan kelompok kontrol sebesar 54,25%. Hasil uji-t diketahui berdasarkan signifikan 0,003 kurang dari 0,05 sedangkan nilai thitung 3,147 dan ttabel 2,022 sehingga -thitung kurang dari  ttabel kurang dari  thitung (-3,147 kurang dari  2,022 kurang dari  3,147) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis riset terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil persentase indikator keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi 75,00%, analisis sebesar 69,06%, evaluasi sebesar 78,57%, inferensi sebesar 65,48% dan eksplanasi sebesar 62,05% dengan rata-rata 70,13%  dan termasuk kategori keterampilan berpikir kritis yaitu tinggi. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,35 dengan kategori peningkatan yaitu sedang.

References


Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press.

Kazura, K., & Tuttle, H. (2010). Reserach Based Learning Approach: Students Perspective of Skills Obtained. Journal Of Instructional Psychology, 37(3), 211-215.

Nurfatima, Swandi, A., & Subaer. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Riset pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajaran Fisika Kelas XI Madrasah Aliyah Madani Alauddin. FMIPA Universitas Negeri Massar, 95-98.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika Bandung. Bandung: Alfabeta.

Roosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Beorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 4(1), 60-73.

Slameto. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran yang Inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102-112.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tangi, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Riset terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kimia. JIPERA, 1(1), 16-22.

Tawil, & Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.

Widayati, D. T., dkk. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.