Pengaruh Model Project Based Learning denan menggunakan Strategi Poster Session terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Nafisatin Nury, Fatimatul Munawaroh, Wiwin Puspita Hadi, Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan strategi poster session  terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest sebesar 72,26. Hasil uji-t diketahui berdasarkan signifikan sebesar 0,000 kurang dari 0,05 sedangkan nilai thitung sebesar -17,503 dan ttabel yaitu 2,04227 jika -thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung (-17,503 kurang dari  2,042 kurang dari  17,503) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima  yang artinya ada pengaruh penerapan model project based learning dengan menggunakan strategi poster session terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. 


References


Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar , 1 (2).

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kumalasari, D., Milama, B., & Bahriah, E. S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia , 1 (1).

Munawaroh, F. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Instrumentasi Laboratorium untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembuatan Alat peraga IPA yang Inovatif. Jurnal Pena Sains , 1 (1).

Mihardi, S., Harahap, M. B., & Sani, R. A. (2013). The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Education and Practice , 4 (25).

Putra, T. T. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1).

Roosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains , 4 (1).

Runisah, Herman, T., & Dahlan, J. A. (2016). The Enhancement of Student's Creative Thinking Skills in Mathematics through The 5E Learning Cycle with Metacognitive Technique. International Journal of Education and Research , 4 (7).

Silberman, M. L. (2009). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran aktif. Jakarta: Insane Madani.

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan , 1 (2).

Suroso, & Adamura, F. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Proses Berpikir Intuitif Pada Materi Ruang Vektor. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora , 9 (2).

Utami, R. P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi , 4 (1).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.