PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN WAYANG DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dewi Putri Puspita Sari, Laila Khamsatul Muharrami, Wiwin Puspita Hadi, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan wayang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs. Bangkalan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent control group design . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts.Bangkalan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII H sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII G sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis pengaruh pembelajaran IPA menggunakan Uji t sampel bebas dengan desain Nonequivalent control group design dengan program  SPSS versi 16.00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan wayang pada materi pencemaran lingkungan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t sampel bebas, yakni dengan signifikan 0,002 kurang dari 0,05 dengan nilai t-thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung yaitu -3,281 kurang dari 2,004 kurang dari 3,281.


References


Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bahtiar. (2013). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Lingkungan siswa kelas II Sekolah dasar . Jurnal PGSD, 11-15.

Fadillah. (2017). The Effect Of Contextual Teaching And Learning (CTL) Model-Based On Lesson Study With Mind Mapping Media To Assess Student Learning Outcomes On Chemistry On Colloid Systems. Journal Of Science And Appied Science. Jurnal UNS, 1-8.

Fahyuni. (2013). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Harahap. (2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan. Jurnal EduTec, 10-15.

Hasbiyati. (2017). Penerapan Media E-book Bereksistensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains. Jurnal Trunojoyo, 9-16.

Maroa. (2013). Penerapan Pembelajaran PKN Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 012 Bajawali Kecamatan Laring Kabupaten Mamuja Utara . Jurnal Kreatif Tadulako, 4-11.

Permatasari. (2013). Penerapan Media Mind Mapping Programpada Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI A2 SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal pendidikan Fisika, 15-21.

Riduwa. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Servitri. (2017). Pembelajaran Multimedia IPA Dengan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ejournal , 2-7.

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar_Ruz Media.

Sundayana. (2016). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susiani. (2016). Peningkatan Minat dan Aktivitas Belajar IPS Menggunakan Media Wayang Kardus Pada Siswa. Jurnal Studi Sosial, 7-12.

Wisudawati. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.